Bentrok dengan Petugas

Pedagang Pasar Panjang, Kendari Tolak di Relokasi

Pedagang Pasar Panjang, Kendari Tolak di Relokasi

Kabar Sosial - Ratusan pedagang Pasar Panjang yang terletak di Jalan Sorumba, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari melawan saat ditertiban oleh Pemerintah Kota Kendari.

Pedagang yang berjualan di Pasar Panjang saat ini merupakan korban kebakaran dari Pasar Sentral Wuawua, yang mengalami musibah kebakaran pada tahun 2010 silam.

Pedagan ini tidak terima dipindahkan oleh pemerinta ke Pasar Sentral Wuawua yang berjarak kurang lebih 2 KM dari Pasar Panjang.

Rencana penlakan itu sudah muncul saat pedagang menghadang dengan melakukan pembakaran ban di persimpangan jalan menuju lapak pedagang.

Tidak hanya itu, pedagang juga menyiapkan parang dan batu untuk menghalau rencana penertiban yang akan dilakukan Satpol PP Kota Kendari yang di back up pihak kepolisian. 

Wali Kota Kendari, Sulkarnain menuturkan selama kurang lebih satu tahun pihaknya sudah memberikan kesempatan kepada pedagang untuk menertibkan dan membongkar lapaknya sendiri lalu pindah ke pasar yang telah disediakan, namun tidak diindahkan. 

"Sudah satu tahun, pedagang tidak juga mau pindah ke Pasar Sentral Wuawua yang telah disediakan pemerintah, sehingga sebagian kecil pedagang sudah berjualan di Pasar Sentral Wuawua sering mengeluh tidak adanya pembeli karena Pasar Panjang masih beroperasi," katanya, Rabu (16/1/10).

Pemerintah sudah membangun kembali Pasar Sentral Wuawua dan sejak 2018 telah diresmikan.**