Ribuan Hektar HPK di Inhu Diusulkan Jadi TORA

Ribuan Hektar HPK di Inhu Diusulkan Jadi TORA

Rapat Bersama Pemkab Inhu, BPN dan DPP LIMPAN Tentang TORA

INHU - Untuk perluasan lahan pertanian dan kesejahteraan petani ribuan hektar lahan berstatus hutan produksi dikonversi (HPK) diusulkan menjadi pengembangan program tanah objek reforma agraria (TORA) di tiga Desa Kecamatan Batang Gangsal, Inhu.

Permohonan itu diusulkan langsung DPP lumbung informasi penyelamat aset negara (LIMPAN) ke Presiden RI dan stakeholder terkait.

Tentang usulan TORA di tiga Desa Penyaguhan, Belimbing dan Desa Danau Rambai di Kabuapaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, disambut antusias Pemkab Inhu dan BPN.

Menurut Kasi II Pengukuran, Robin, mewakili Kakan BPN Inhu mengatakan program TORA bisa berjalan sebagaimana program Nawacita jika semua stakeholder bisa sejalan. Jika itu ada dalam hutan kawasan, pertama harus izin pelepasan," sebut Robin.

Pengakuan serupa dikatakan Kabag Tapem Pemkab Inhu, R Fahrulrozie ikut mendorong niat keinginan Masyarakat merubah kawasan HPK menjadi TORA.

Yang penting itu tidak dalam kawasan perizinan, itu harus dipastikan. Jika itu dalam kawasan perizinan Perusahan, saya tidak akan mau turun. Saya kuatir nanti jadi gontok-gontokan," tutur Rozie.

Sekda Inhu selaku pimpinan rapat akan memfasilitasi observasi lahan yang dimohonkan. Dijadwalkan setelah lebaran kita sama-sama kelapangan, yang terpenting diperhatikan itu tidak berada dalam kawasan perizinan, kita fasilitasi setelah lebaran," janji Sekda.

Sebelumnya ketua DPP LIMPAN, Umar Gaho membenarkan permohonan rubah ribuan hektar HPK menjadi TORA mereka surati hingga ke Presiden RI hingga stakeholder terkait ditingkat Provinsi Riau.

Lahan yang dimohonkan mencapai 15.000 hektar terbentang di tiga desa dan dipastikan diluar perijinan badan usaha. Saya pastikan itu tidak berada dalam perijinan, saya ada petanya, ada titik koordinatnya," tegas Gaho.

Umar Gaho mengapresiasi Pemkab Inhu dan BPN karena telah merespon permohonan ormasnya mewakili Masyarakat tiga desa untuk mengkonversi HPK kepada TORA karena semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat petani. 

"Terimakasih kepada Pak Sekda dan jajaran juga BPN, semoga amanah," ucapnya Gaho.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Camat Batang Gangsal Elinaryon dan tiga orang Kepala Desa Ringin, Penyaguhan dan Kepala Desa Danau Rambai. (Sandar Nababan)