Ungkit-ungkit Demokrat, Nama Partai Didaftarkan Atas Nama Pribadi SBY "Dipoles"

Ungkit-ungkit Demokrat, Nama Partai Didaftarkan Atas Nama Pribadi SBY "Dipoles"

Jakarta - Terlihat dari situs Dirjen KI Kemenkumham, permohonan merek Partai Demokrat atas nama SBY didaftarkan pada 18 Maret 2021. Dalam situs tersebut, tertulis nama Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA, di kolom PEMILIK.

Alamat SBY di Puri Cikeas juga tertuang di kolom ALAMAT. Nomor permohonan itu adalah IPT2021039XXXX. Nama merek dalam permohonan SBY adalah PARTAI DEMOKRAT. Status permohonan SBY yakni DALAM PROSES.

Pak SBY mendaftarkan merek Demokrat atas nama pribadi itu benar., Sebenarnya Demokrat sudah mendaftar atas nama partai, itu sama persis gitu, jadi kemungkinan ditolaknya ada lah, demikian kata Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Freddy Haris pada media, Minggu (11/4/21).

Kata Freddy, "nama Partai Demokrat sendiri idnentitasnya beda, yang satu entitasnya Partai Demokrat, yang satu pribadi, jadi subjek hukumnya berbeda, karena sama persis dan bukan persamaan pada pokoknya. Betul-betul sama tapi beda,".

Penyataan Freddy itu membenarkan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mendaftarkan merek Demokrat atas nama pribadinya dan ada kemungkinan Kemenkumham menolak pendaftaran merek Partai Demokrat atas nama pribadi tersebut.

"Saat ini pendaftaran merek Demokrat oleh pribadi itu masih dalam tahap proses pemeriksaan. Sejauh ini baru memasuki tahap pengumuman pendaftaran merek Demokrat untuk menunggu terkait ada atau tidaknya komplen terkait merek tersebut," katanya.

Namun menurutnya sebetulnya sejauh ini belum ada komplen secara personal terkait pendaftaran merek Demokrat tersebut. "Kalau (komplen) secara personal kan kayaknya enggak ya," ujarnya.

Meski begitu, Freddy menyebut ada kemungkinan pihaknya akan menolak pendaftaran merek Demokrat oleh pribadi. Sebab menurutnya Partai Demokrat sebelumnaya mendaftarkan merek Demokrat atas nama partai.**