Ribuan Lansia di Pekanbaru Dimankan Dari Virus Corona

Ribuan Lansia di Pekanbaru Dimankan Dari Virus Corona

Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Relawan Peduli, Polda Riau dan Pembko Pekanbaru, kembalui menggelar vaksinasi massal bagi para lanjut usia (lansia) di Baliroom I Hotel Novotel, Pekanbaru pada Sesin (5/4/21) dan besok. 

Sevelumnya vamsinasi lansia juga diadakan dibeberapa lokasi seperti  di Puskesmas Rumbai, Selasa (16/3/21). "Vaksin Sinovac ini gratis".

Kepala Dinkes Pekanbaru M. Noer mengatakan, sekitar 600 orang lansia disuntik vaksin Sinovac. Lansia yang dibatalkan divaksin tak begitu banyak sekira 600 hari ini dan 500 orang besok.

"Katagori umur diatas 50 tahun. Ada lansia yang ditunda divaksin karena alasan tensi darah tinggi. Bagi lansia yang tensinya tinggi, mereka diminta istirahat terlebih dahulu 30 menit," ujarnya, Senin (5/4/21). 

Setelah itu, para lansia dicek ulang tekanan darahnya. Jika tekanan darah sudah normal, lansia tersebut diizinkan disuntik vaksin. 

"Jika tekanan darahnya masih tinggi, kami berikan obat," ucap M. Noer. 

Proses vaksinasi bagi para lansia ini diharapkan sesuai target. Proses vaksinasi bagi para lansia terus dilakukan selama persediaan vaksin masih tersedia.**