Lawan Sanksi Amerika Serikat, China dan Iran "Bersubahat?"

Lawan Sanksi Amerika Serikat, China dan Iran "Bersubahat?"

Iran - Sebagai kemitraaan strategis selama seperempat abad mendatang China dan Iran, menteri luar negeri kedua negara menandatangani perjanjian di Teheran pada Sabtu (27/03), namun Rincian perjanjian itu belum diumumkan pada Publik.

Asumsi yang berkembang adalah China, bertentangan dengan sanksi Amerika Serikat, akan membeli minyak dari Iran. Sebagai gantinya, China akan menanamkan sebagian kekayaannya di Iran.

Langkah terbaru dari perluasan mega proyek infrastruktur China, prakarsa Belt and Road, untuk membangun jalur perhubungan yang diperlukan China guna menopang ambisi bisinisnya melebarkan pengaruh sebagai kekuatan global.

bagian rakyat Iran curiga terhadap motif China ketika rancangan naskah perjanjian kerja sama itu bocor tahun lalu. Kesepakatan dalam prakarsa Belt and Road dimaksudkan untuk lebih menguntungkan China.

Beberapa perjanjian yang tampak menarik berdasarkan prakarsa itu ternyata tak seperti yang dibayangkan ketika negara-negara kecil dan miskin mendapati bahwa mereka terjerumus ke dalam kesulitan. **