Pasca Putusan MK, Tiga Pleton Personil Gabungan Siap Amankan PSU Inhu

Pasca Putusan MK, Tiga Pleton Personil Gabungan Siap Amankan PSU Inhu

APEL - Gelar Pasukan Pengamanan PSU di Inhu Dipimpin Langsung Kapolres Inhu AKBP Efrizal Sik

INHU - Tiga personil gabungan TNI-Polri dan Satpol-PP Pemkab Indragiri Hulu (Inhu) Riau siap amankan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Inhu tahun 2020 di Inhu.

PSU dilaksanakan setelah putusan mahkamah konstitusi (MK) RI tentang PHP yang memutuskan harus melakukan PSU hanya di satu TPS 03 Desa Ringin Kecamatan Batang Gangsal.

Untuk jalannya PSU yang aman, nyaman dan tertib Kapolres Inhu AKBP Efrizal Sik mengerahkan puluhan personil gabungan dalam satu Posko pengamanan di wilayah PSU terhitung 30 Maret 2021.

Tiga Pleton personil gabungan tersebut terdiri dari satuan TNI satu pleton (15 personel), Polri satu Pleton (15 personel) dan Satol PP satu Pleton (30 personel).

Penugasan puluhan personil diwarnai dengan apel gelar pasukan dihalaman Mapolres Inhu, Kamis (1/4) kemaren. 

Pembentukan posko pengamanan terpadu bertujuan mengantisipasi segala kemungkinan hal yang dapat menghambat PSU oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sementara apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Inhu, perwira apel Kasat Sabhara Polres Inhu AKP Hendri, S.Sos, Komandan apel KSPKT Polres Inhu Ipda Awet L. Nainggolan dan dihadiri Pj. Bupati Inhu Drs. H. Chairul Riski, MS, MP, Kasdim 0302 Inhu Mayor Inf. S. Nababan, Waka Polres Inhu Kompol Zulfa Renaldo, S.IK, M.Si, Ketua Bawaslu Inhu Dedi Risanto, Ketua NU Inhu Saerozi, M.Ag, perwakilan Dishub Inhu, perwakilan Kantor Pengadilan Negeri Rengat, perwakilan Ormas dan perwakilan Mahasiswa.

Amanat Kapolres Inhu menyatakan, selama PSU situasi kondusifitas yang aman dan kondusif harus terus terawat dan dipertahankan secara bersama-sama sehingga Kabupaten Inhu tetap aman dan damai serta tidak terpecah hanya karena beda pilihan.

Orang nomor satu di Polres itu juga berharap partisipatif semua pihak untuk tidak terprovokasi dan tidak memprovokasi serta selektif menerima informasi sehingga tidak terjebak dalam berita hoax yang sumbernya tidak dapat dipertanggung jawabkan.

"Saya atas nama Kapolres Inhu menyampaikan ucapan terima kasih dan kita semua berharap agar kondisi aman tertib ini berlangsung sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhu," ucap Kapolres.

Selama PSU, Kapolres kembali mengingatkan untuk tidak luput dari Protokol kesehatan disetiap kegiatan PSU guna mencegah penyebaran Covid-19. (Ndar)