Penyebar hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Berkelit

Penyebar hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Berkelit

Kabar Kriminal - Terkait menyebar hoax 7 kontainer surat suara tercoblos pengakuan tersangka Bagus Bawana Putra (BBP) mengaku berinisiatif sendiri membuat hoax tersebut, walau dia dikatakan salah satu tim Cawapres.

Terkait kasus ini, Polda Metro Jaya menangkap lagi seorang yang diduga berperan sebagai penyebar hoax di Banten. Pelaku,yang belum diungkapkan. Sementra polisi juga telah menetapkan tiga orang tersangka penyebar hoax surat suara tercoblos berinisial lain merka J, HY dan LS.

Namun Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan menegaskan tak berpatok pada pengakuan Bagus dan mengaku mencoba melacak aktor intelektual hoax surat suara. 

"Kalau perlu aktor intelektualnya pun nanti kita jerat ketika seluruh alat bukti yang dikumpulkan tim sudah betul-betul lengkap," katanya, Jumat (11/1/19).

Bagus Bawana Putra sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka sebagai pembuat hoax melalui pembuktian digital forensik.

Bagus Bawana diyakini memposting tulisan dan melakukan perekaman suara untuk membuat hoax 7 kontainer surat suara tercoblos itu seolah-olah fakta.

"Dia diketahui menyebarkan tulisan dan suaranya di Twitter dan WhatsApp group," lanjutnya.

Sampai saat ini penyidik akan terus mendalami pihak yang diduga terlibat dalam kasus hoax surat suara tercoblos tersebut termasuk menelusuri jejak digital.

"Kita terus mendalami termasuk nalisa jejak digital," katanya.**