Bangunan SPAM IKK Roboh, Warga Minta PT Monhas Amdesrabat Diusut

Bangunan SPAM IKK Roboh, Warga Minta PT Monhas Amdesrabat Diusut

Kabar Peristiwa - Peristiwa robohnya bangunan SPAM udara bersih di Kecamatan Tanah Putih, Tanjung Melawan, Rokan Hilir (Rohil), Riau pada Jumat (4/1/19) menghebohkan warga apalagi bangunan ini belum sempat difungsikan. 

Tragisnya, proyek SPAM dengan nama Durolis baru saja diresmikan oleh mantan Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman pada tahun 2017, bisa anda bayangkan dengan biaya tambahan Rp 623 juta proyek ini dinilai pemborosan uang rakyat.

"Dananya berasal dari APBD kabupaten Rohil, APBD Provinsi dan APBN pusat terbuang percuma," kata warga sekitar lokasi itu, Mamat (41Th).

Mamat berharap robohnya bangunan ini segera diusut, agar kedepan kerja yang membahayakan nyawa ini tidak terulang.

Menurut perkiraan proyek SPAM tersebut difungsikan pada tahun 2019 ini, hingga saat ini penyebab runtuh proyeknya miliar ini belum diketahui.

Namun, Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah memberikan klarifikasi pada sejumlah media terkait robohnya salah satu bangunan pada Pengelolaan Air Bersih Durolis SPAM IKK ini.

Pekerjaan tersebut dilaksanakan PT Monhas Amdesrabat dengan nilai pagu senilai Rp26 miliar lebih dengan sistem bertahap atau tahun jamak.

Sebelumnya, pada tahun 2017 dikerjakan oleh pihak rekanan kontraktor tapi belum siap.

Sehingga di tahun berikutnya dilelang kembali dan dimenangkan oleh PT Monhas Amdesrabat. Sampai berita ini dirilis belum ada klarifikasi dari pihak kontraktor.**