Sinergitas Ketahanan Pangan, DPW Santan NU Buat Sejumlah MoU

Sinergitas Ketahanan Pangan, DPW Santan NU Buat Sejumlah MoU

Dumai - DPW Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU) Provinsi Riau bersama dengan DPD Santan NU Kota Dumai melakukan penandatangan MoU dengan unsur Forkopinda Kota Dumai

Penada tanganan ini dilakukan pada Selasa (9/3/21) di Makodim 0320 Dumai Jl. Sultan Syarif Kasim No.11, Tlk. Binjai, Dumai Tim., Kota Dumai, Riau.

Hal itu dalam rangka meningkatkan sinergitas dan menjalin kemitraan untuk meningkatkan ketahanan pangan di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan,

Acara ini disaksikan oleh Walikota Dumai H.Paisal, SKM, MARS, Dandim 0320 Dumai Letkol Inf Irdhan, S.E, M.M., H. Khairul Kamal, ST dan penadatanganan MoU dengan Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudisthira.

Sebelumnya DPW Santan NU Juga melakukan penandatanganan MoU ketahanan pangan Dengan Danrem 031/Wirabima dan Kapolda Riau, yang di saksikan oleh Pangdam 1 Bukit Barisan Bapak Mayjen TNI Hasanudin di tempat RA Kopi Aren, Pekanbaru.

Ketum T. Rusli Ahmad, yang memprakarsai acara tersebut, kepada awak media mengatakan tujuan dari penandatangan Mou antara Santri Tani Nahdatul Ulama dengan Unsur Forkopinda di Kota Dumai. kayanya untuk meningkatkan sinergitas dan menjalin kerjasama antara Santan NU dengan Unsur Forkopinda yang ada di Kota Dumai dalam bidang ketahanan pangan, khususnya pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan.

Lanjut oleh Rusli, usai melakukan penandatanagan Mou tersebut, kedepannya Santan NU akan membentuk kelompok tani sebagai wujud dari tindak lanjut Mou ini. 

“Sebagai Tindak lanjut dari penandatanagan MoU antara DPD SANTAN NU Riau dan DPC SATAN NU Se Kota Dumai. Kedepannya kita akan mewadahi masyarakat yang ada di kota Dumai yang memiliki minat pada bidang pertanian dengan membentuk kelompok tani, baik di sektor perikanan, perkebunan, pertanian maupun sektor peternakan," jelasnya.

“Kita berharap dengan adanya penandatanganan Mou ini memberikan manfaat langsung kepada masyarakat, karena adanya dukungan dari Pemko Dumai, Dandim 0320 Dumai, Dan Kapolres Dumai," ulas Rusli.

Rusli menegaskan, “Bawa Santri Tani Nahdatul Ulama sangat serius dalam meningkatkan ketahanan pangan yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah pusat”.

“Kami sangat serius dalam melaksanakan program ketahanan pangan khususnya pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan. Langkah nyata yang telah dikerjakan oleh SANTAN NU diantaranya DPC Kota Pekanbaru melakukan pembibitan tanaman yang nantinya dapat dipergunakan oleh para santri dan masyarakat umum yang memiliki minat pada sektor pertanian,” katanya.

Lanjut Rusli, “DPD Kota Dumai yang saat ini salah satu konsentrasinya melakukan budidaya Tambak udang Vaname, begitu juga dengan DPC-DPC di daerah lainnya juga sudah melakukan kegiatan sesuai dengan kearifan lokal yang dimilikinya".

“Tujuan dari kegiatan SANTAN NU sendiri selain untuk meningkatkan ketahanan pangan juga ingin berkontribusi kepada masyarakat  luas terutama dalam hal meningkatkan kesejahteraan, sembari menanamkan nilai-nilai pancasila kepada masyarakat sehingga dapat menekan musuh-musuh yang dapat merongrong kedamaian di negara kita ini, seperti intoleransi, Rasisme, radikalisme dan Terorisme," pungkasnya.**