Pemerintah Bengkalis Ingin Pertahankan Opini WTP 2018

Pemerintah Bengkalis Ingin Pertahankan Opini WTP 2018

KabarRiau Bengkalis – Pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bengkalis berazam untuk mempertahankan prestasi yang diraih pada tahun-tahun sebelumnya, yakni opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Untuk mencapai prestasi itu, seluruh Kepala Perangkat Daerah diminta untuk segera menyelesaikan laporan keuangan tahun 2018 dan menyampaikan ke Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD).
 
“Dengan berakhir tahun 2018, masih ada tugas yang harus dilaksanakan oleh ASN di lingkup Pemkab Bengkalis. Diantaranya, seluruh Perangkat Daerah agar segera menyelesaikan laporan keuangan tahun 2018,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis Bustami, saat memberikan arahan usai senam jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lapangan Pasir Andam Dewi, Kamis 3 Januari 2019.

Bustami lebih lanjut mengatakan, laporan keuangan dari Perangkat Daerah tersebut disatupadukan menjadi laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Bustami mengingatkan agar laporan keuangan tersebut dibuat secara maksimal dan baik. 

Perlu diingat, kata Bustami, baik buruknya sebuah laporan keuangan Kabuapten Bengkalis tidak lepas dari laporan keuangan Perangakat Daerah. “Kita harus semangat untuk mempertahankan opini WTP yang diraih selama lima tahun berturut-turut. Oleh karena itu, kami mengajak untuk segera mungkin menyiapkan laporan keuangan 2018,” ungkap Bustami.

Sekda juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Perangkat Daerah, yang secara aktif menghimbau jajarannya untuk segera sisa UYHD (Uang Yang Harus Dipertanggungjawabkan) maupun sisa uang persediaan (UP) yang dilaksanakan menjelang berakhir tahun anggaran 2018.

Memasuki tahun 2019, Sekda menyampaikan amanat Bupati Bengkalis, agar Perangkat Daerah segera melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan. Mengingat APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2019 telah disahkan pada akhir November 2018. 

“Sia-sia jika tidak bisa star pada awal tahun 2019 ini, karena APBD kita sudah disahkan pada akhir November 2018. Tidak ada kata-kata menunggu. Tidak ada kata-kata ragu, kita harapkan segera untuk segara dilaksanakan,” ungkap mantan Plt Kepala BPKAD Bengkalis. 

Bupati Bengkalis kata Bustami mengintruksikan agar Pengguna Anggaran,  Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan serta pejabat yang ditunjukan sebagai pengelola keuangan untuk segera menyiapkan administrasi pelaksanaan APBD 2018. 

“Kepada pihak-pihak terkait, seperti PPKD untuk mempersiapkan DPA untuk segera diserahkan kepada perangkat daerah,” ungkap BustamiMelakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan maupun kinerja tahun 2018, guna untuk meningkatkan kinerja dan prestasi pada tahun 2019.

Mengucapkan terima kasih kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang telah bekerja keras melaksanakan tugas dan amanahnya dengan baik. Terlebih selama tiga tahun yakni 2016, 2017 dan 2018, Kabupaten Bengkalis dan daerah lain di Provinsi Riau, mengalami kondisi sulit dapat bidang keuangan.

“Meski demikian, kita telah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Walaupun secara presentase masih belum maksimal, namun kami tetap mengucapkan terima kasih kepada ASN di jajaran Pemkab Bengkalis,” ungkap Sekda Bengkalis.*Disk