Ribuan Warga Bangka Selatan Menyelamatkan Diri ke Bukit

Ribuan Warga Bangka Selatan Menyelamatkan Diri ke Bukit

Kabar Daerah - Ribuan warga di Toboali Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung berhamburan meninggalkan rumah menyelamatkan diri keperbukitan setelah setelah menerima kabar dari media sosial akan terjadinya tsunami.

Warga berhamburan keluar rumah dan bergerak mencari daerah yang lebih tinggi pada Senin (31/12/18) dihihari tadi, sekitar pukul 03.10 WIB. Kepanikan warga bertambah setelah air laut tiba-tiba surut pada Senin (31/12/18).

Sejumlah Warga di Mamuju Tengah Masih Bertahan di Bukit Sementara Polisi diperintahkan siaga menyikapi segala kemungkinan yang akan terjadi, termasuk rawan pencurian karena rumah kosong.

Warga mengungsi di Desa Gadung karena lokasinya lebih tinggi, saat ini Toboali aman dari isu tersebut, tapi tetap banyak yang mengungsi di Desa Gadung.

Sementara Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang Danang Priando mengakui adanya pengungsian warga karena isu tsunami tersebut.

"Memang ada pengungsian. Saya langsung datang ke BMKG untuk koordinasi," kata Danang, Senin (31/12/2018).

Meskipun berhadapan dengan Selat Sunda, menurutnya sejauh ini tidak ada pernyataan resmi dari BMKG terkait potensi tsunami di Bangka Selatan.

"Bangka Selatan masih dilaporkan aman, kami imbau masyarakat tetap tenang dan bila mana ada info darurat akan kami infokan pada kesempatan pertama," pungkasnya.**