Ihsan Yunus Siap Memberikan Keterangan Kasus Korupsi Bansos Matheus di KPK

Ihsan Yunus Siap Memberikan Keterangan Kasus Korupsi Bansos Matheus di KPK

Jakarta - Terkait kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 (Corona) Anggota DPR RI Fraksi PDIP Ihsan Yunus, dipanggil KPK. Ihsan Yunus tiba di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, dan rencana akan diperiksa sekitar pukul 14.08 WIB WIB,.

Ihsan Yunus yang akan diperiksa menjadi saksi untuk tersangka Matheus Joko Santoso (MJS) tersebut tak berkomentar apapun ketika tiba di KPK. Dia mengeleng seraya langsung masuk ke lobi tamu KPK.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri pada kabarriau.com membenarkan tim penyidik telah melyangkan surat panggilan pada Ihsan Yunus, "Yang bersangkutan dipanggil menjadi saksi untuk tersangka MJS," katanya dalam pesan singkat, Kamis (25/2/21).

Dari informasi yang dihimpun redaksi, Pemanggilan dilakukan setelah KPK menggeledah kediaman Ihsan Yunus yang berada di Pulogadung, Jakarta Timur, kemarin.

Namun, dalam penggeledahan itu, penyidik KPK tidak mendapat barang bukti apa pun dari rumah Ihsan Yunus. Diketahui Kasus korupsi bansos Corona ini menjerat mantan Menteri Sosial Juliari Batubara, yang telah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

Dia dijerat bersama empat orang lainnya, yaitu Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, Ardian IM, dan Harry Sidabukke. Dua nama awal merupakan pejabat pembuat komitmen atau PPK di Kemensos. Sedangkan dua nama selanjutnya adalah pihak swasta sebagai vendor pengadaan bansos.

KPK menduga Juliari menerima jatah Rp 10 ribu dari setiap paket sembako senilai Rp 300 ribu per paket. Total setidaknya KPK menduga Juliari Batubara sudah menerima Rp 8,2 miliar dan Rp 8,8 miliar.**