Pusdiklat DPP APPI ; Hanya Menanam 6 Pohon Jeruk Warga Bisa Menghidupi Keluarganya

Pusdiklat DPP APPI ; Hanya Menanam 6 Pohon Jeruk Warga Bisa Menghidupi Keluarganya

Pekanbaru - Untuk menggeluti usaha pertanian tidak harus memiliki lahan yang luas maupun modal yang besar. Dimana sektor pertanian memiliki peranan yang sangat strategis dalam meningkatkan ketahanan pangan. Sekaligus juga mampu meningkatkan ekononomi masyarakat.

Demikian kesimpulan yang di dapat dari diskusi pengurus Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia dengan Sekretaris Daerah Kota Dumai Dr. H. Herdi Salioso, SE.,MBA saat mengunjungi Pusdiklat DPP Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) jalan Uka Desa Rimbo Panjang, Sabtu (20/2/21) kemaren.

“Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis dalam meningkatkan ekonomi,” kata Setda Herdi Salioso, pada kesempatan tersebut.

Herdi Salioso menceritakan seorang ASN yang sukses menggeluti dunia pertanian hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi ASN karena usaha yang digelutinya maju dan sudah mensuplai buah dan bibit hingga ke provinsi lain.

Lanjut oleh Herdi, menceritakan seorang yang hanya menanam 6 pohon jeruk mampu menghidupi keluarganya dan mensekolahkan anak-anaknya.

Ketua Umum DPP APPI Alexander Pranoto yang didampingi oleh Ketua DPD Riau saat di konfirmasi, mengatakan bahwa salah satu dari Program APPI ialah untuk turut serta memberikan kontribusi kepada masyarakat meningkatkan perekonomian khususnya dibidang pertanian.

"Salah satu tujuan APPI ini didirikan melihat banyaknya potensi lahan tidur yang belum dimaksimalkan menjadi sumber ekonomi baru. Pertanian, jika dikelola dengan serius, akan memberikan nilai yang sangat signifikan untuk meningkatkan perekonomian".

"untuk memulai pertanian,  semestinya bisa dimulai dari pekarangan rumah. Mulai dengan menanam pokok cabai aja dulu,  setidaknya sudah mengurangi biayakeperluan dapur. Apalagi jika dikelola dengan serius, hasilnya akan sangat membantu ekonomi keluarga."ujar ketum APPI tersebut.

Ketua DPD APPI yang turut hadir pada diskusi tersebut, kepada wartawan mengatakan, Pusdiklat APPI yang berada di jalan Uka Desa Rimbo Panjang terbuka bagi masyarakat yang ingin belajar di bidang pertanian. 

"Kami selaku ketua DPD APPI Riau membuka tangan yang selebarnya kepada masyarakat yang ingin belajar, baik bercocok tanam, atau memelihara ikan,  ataupun berternak. Pusdiklat APPI akan siap membantu,  karena disini memiliki ahli dibidangnya," tutup pria yang hobi bertopi tersebut.**