Daihatsu Rocky Akan Mengaspal di Indonesia

Daihatsu Rocky Akan Mengaspal di Indonesia

Otomotif - Mobil ini merupakan kembaran Daihatsu Rocky, produk baru varian D55L, kemungkinan tersedia pada semua variannya disebutkan seperti Pre-collision Warning (PCW), Pre-collision Braking (PCB or AEB), Front Departure Alert (FDA), dan Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning and Prevention, dirumorkan bakal dijual di Indonesia,

CEO dan Presiden Perodua Datuk Zainal Abidin Ahmad, ungkap untuk varian tertinggi AV ada tambahan Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, dan Adaptive Cruise Control.

"Jelas tujuan kami untuk melanjutkan membawa lebih banyak lagi teknologi canggih untuk masyarakat, Perodua D55L AV adalah mobil otonom level 2 paling murah di Malaysia," katanya.

Produsen mobil asal Malaysia yang sebagian sahamnya dimiliki Daihatsu, Perodua, ini dilaporkan bakal membuka pesanan untuk mobil baru yang sejauh ini dikenal dengan nama 'D55L'.

Paultan.org menjelaskan D55L tersedia dalam tiga varian, X, H, dan AV. Estimasi harga mobil ini mulai RM62.500 hingga RM73.400 (Rp217,3 juta - Rp255,2 juta).

Zainal juga bilang keberadaan teknologi itu tujuannya untuk menjangkau kategori konsumen lebih luas. Dia mengatakan D55L adalah tawaran paling trendi dari perusahaan untuk menyikapi permintaan SUV yang tetap tinggi.

Selain soal fitur, D55L juga menjadi mobil pertama Perodua yang menggunakan mesin turbo. Sejauh ini Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Astra Motor (TAM) belum mengonfirmasi bakal meluncurkan Rocky dan Raize di dalam negeri.

Belum ada penjelasan tentang detail mesin D55L di Malaysia, namun diketahui Rocky serta kembaran lainnya, Toyota Raize, di Jepang menggunakan mesin 1KR-VET 1.000 cc turbo, 3-silinder, bertenaga 97 hp dan torsi 140 Nm.

Nama Rocky dan Raize dipercaya telah didaftarkan untuk mendapatkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di Indonesia. Dalam Peraturan Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang NJKB terdapat kode mobil Daihatsu dan Toyota yang belum pernah terlihat, yakni A250RS yang merujuk pada Rocky dan A250RA untuk Raize.

Kedua kode itu terpampang memiliki dua pilihan mesin yaitu 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. Ada dua pilihan transmisi yakni CVT dan manual.**