Amunisi Senjata Artileri PD II Sudah Diamankan Polisi

Amunisi Senjata Artileri PD II Sudah Diamankan Polisi

Kabar Daerah - Amunisi senjata artileri berdiameter 8 cm peninggalan Perang Dunia (PD) II secara tidak sengaja ditemukan warga bernama Ngaderi (34), warga Dusun Sanggar, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, sampai saat ini masih aktif.

Saat itu dia menemukan ini saat sedang mencari rumput untuk pakan ternak di kawasan hutan Desa Medowo, Kandangan, Kediri.

Sabit yang dia gunakan memotong rumput mengenai benda keras diceritakannya sebagian tertanam di dalam tanah karena mengira itu adalah barang antik Ngaderi pun menggalinya.

Ternyata benda tersebut sebuah amunisi mortir yang ukurannya cukup besar, Ngaderi pun melapor ke Kepala Dusun Sanggar, lalu Kepala Dusun melapor dan teruskan ke Polsek dan Koramil Wonosalam.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto menjelaskan, saat ditemukan amunisi mortir tersebut sudah berkarat. Sehingga tak lagi tampak tulisan tahun pembuatan maupun negara pembuatnya.

"Amunisi mortir ini diamankan polsek dan koramil Wonosalam agar tak membahayakan warga, mortir ini diamankan petugas dengan kardus yang di dalamnya diisi pasir," jelasnya.**