Dengan Dana Rp 900 Juta BPCB Lakukan Pemugaran Candi Mirigambar Tulungagung

Dengan Dana Rp 900 Juta BPCB Lakukan Pemugaran Candi Mirigambar Tulungagung

Tulungagung - Karena kondisi Candi Mirigambar Tulungagung rawan ambruk dianggarkan seluruh konstruksi candi akan dilakukan pemugaran dengan dibongkar dan ditata ulang oleh BPCB Jawa Timur melakukan.

Hal itu dibenarkan Kepala BPCB Jawa Timur Zakaria Kasimin. Dia mengatakan pelaksanaan pemugaran Candi Mirigambar di Desa Mirigambar, Kecamatan Sumbergempol tersebut ditargetkan akan tuntas dalam kurun waktu 10 bulan dengan anggaran sekitar Rp 900 juta.

"Pemugaran ini adalah kajian yang dilakukan oleh tim BPCB pada 2020, dan tahun ini adalah pelaksanaannya," kata Zakaria, Jumat (19/2/21).

Dalam pembongkaran nantinya pihaknya akan mendokumentasikan seluruh struktur, sehingga proses pengembalian akan sesuai dengan aslinya.

Menurutnya salah satu pertimbangan utama revitalisasi benda cagar budaya tersebut adalah untuk penyelamatan, mengingat saat ini kondisi struktur candi banyak yang ambles dan miring.

"Struktur candi ini sudah banyak yang rusak, kemudian bagian atasnya juga tertekan akibat beban berat, sehingga mengalami kemiringan. Kalau tanpa penanganan dengan segera dikhawatirkan akan lebih parah," ujarnya.

Nantinya, proses pemugaran akan dilakukan dengan membongkar total seluruh bangunan dan menata ulang sesuai dengan kondisi sebelumnya. Dalam pemugaran ini petugas tidak melakukan penambahan struktur bangunan baru yang tidak ada dasarnya, namun menyelamatkan agar lebih kuat.

"Seperti relief yang tidak ada ini, akan kami biarkan. Kami tidak mungkin menambah sendiri, misalkan sama dengan relief utara, karena relief itu adalah cerita, yang belum tentu sama antara sisi utara dan selatan. Kecuali ada dokumen foto saat masih utuh," jelasnya.**