Wartawan di Pekanbaru di Himbau Liput Demo PT Agro Abadi di DLHK Riau, Sumber; Semoga Jadi?

Wartawan di Pekanbaru di Himbau Liput Demo PT Agro Abadi di DLHK Riau, Sumber; Semoga Jadi?

Pekanbaru - Siang ini Senin (25/2/21) sekira jam 1.00 Wib, dikabarkan perusahaan perkebun PT Agro Abadi yang beroperasi di Kabupaten Kampar, Riau, akan digoyang lagi oleh sekelompok masyarakat di DLHK Riau, di Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru.

Seperti biasa demo ini kerap gagal karena ada “angin” berhembus dari sejumlah penjuru sehingga demo ini tidak diketahui publik kalangan wartawan pun ikut “kecolongan?”.

Sebelumnya seperti diberitakan sejumlah media, PT Agro Abadi  dikatakan mengantongi legalitas yang “kurang jelas”, namun dikabarkan leluasa beroperasi, demikian kata Kepala Divisi Lembaga Swadaya Masyarakat Indonesia Law Emforcent Monitoring (LSM Inlaning), Syailan Yusuf, Jumat (18/12/20) pada radarmetronet sebelumnya.

Kata Syailan, lahan perusahaan seluas 4.061 hektare yang dikuasai PT Agro Abadi dulunya konsesi PT. Rimba Seraya Utama (PT. RSU), namun berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 903 tahun 2016 dijadikan Areal Peruntukan Lain (APL) dan siapa pemilik APL tersebut belum ada karena PT Agro diduga belum mengantongi HGU.

Ulas Syailan, sebelum lahan tersebut dilepaskan dari kawasan hutan, lahan tersebut sudah ditanami sawit oleh PT Agro Abadi. Artinya, PT Agro Abadi telah melakukan alih fungsi lahan HTI menjadi areal perkebunan kelapa sawit.

Disampaikan, selain PT Agro Abadi, banyak perusahaan lainnya beroperasi tanpa izin seperti beberapa perusahaan yang beroperasi dalam kawasan hutan di Riau.

Ia juga meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar tidak abai dan lalai atas keberadaan perusahaan sawit tanpa izin yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kampar.

 “Jangan terkesan adanya pembiaran atas kejahatan kehutanan ini,” tegasnya waktu lalu.

Sebelumnya kata sumber, keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar, Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup yang diajukan oleh PT Agro Abadi ditolak untuk dibahas pada Kamis, (5/2/20) lalu.

Belakangan dari informasi yang diterima redaksi dari pihak PT Agro Abadi, mengaku mereka telah mengurus HGU ke Kementerian. “Izinnya sudah ada wak,” demikian ujar pihak PT Agro Abadi sebelumnya.

Salah seorang yang selama ini dikenal dekat dengan PT Agro Abadi dikonfirmasi mengaku terkait demo siang ini “mengaku tidak tahu” namun ulasnya “demo tersebut tidak ada izin”.

Selentiran Informasi yang diterima redaksi, “Siang ini HGU Kampar (PT Agro) akan didemo warga di DLHK Riau.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, benar akan demo namun katanya, “kita tunggu aja hasilnya”, sumber ini berharap wartawan segera melipu di lokasi yang disebutkan tersebut.**