Sekutu Suu Kyi Digulingkan, Militer Myanmar Umumkan Darurat Militer Satu Tahun

Sekutu Suu Kyi Digulingkan, Militer Myanmar Umumkan Darurat Militer Satu Tahun

Myanmar - Pengumuman Militer Myanmar mengambil alih kekuasaan atas pemerintah Myanmar selama 1 tahun yang disampaikan melalui sebuah video yang ditayangkan oleh saluran televisi miliki militer Myanmar, Myawaddy TV, pada Senin (1/2/21) waktu setempat.

Hal itu karena Militer Myanmar menetapkan keadaan darurat disampaikan langsung setelah pemimpin de-facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, ditahan oleh militer.

Disebutkan dalam siaran Myawaddy TV bahwa kekuasaan diserahkan kepada Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing. hal itu dilansir Channel News Asia, Senin pagi ini.

Wakil Presiden Myanmar, Myint Swe, yang mantan jenderal militer dinyatakan akan menggantikan Presiden Win Myint, sekutu Suu Kyi, yang telah digulingkan.

Sebelumnya, Myo Nyunt, juru bicara Partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) yang menaungi Suu Kyi dan kini berkuasa di Myanmar, membenarkan kabar penahanan Suu Kyi oleh militer Myanmar.

Myo Nyunt menuturkan bahwa Suu Kyi dan beberapa tokoh senior pemerintahan, termasuk Presiden Win Myint, ditahan di ibu kota Naypyitaw.

Dia juga menambahkan bahwa beberapa menteri dari negara bagian besar di Myanmar juga ditahan oleh militer. "Militer tampaknya menguasai ibu kota sekarang," katanya.**