Sejak Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi di Riau, Terbukti Warga tidak Pernah Dihantui Kabut Asap

Sejak Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi di Riau, Terbukti Warga tidak Pernah Dihantui Kabut Asap

Pekanbaru - Senada dengan ide beberapa tokoh di Riau, Ketua DPD Riau, Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI), Feri Sibarani, STP memberikan apresiasi terhadap Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

Bukan saja Feri, Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan, SE, bahkan mengatakan Jenderal bintang dua ini sangat tepat dan dianggap mumpuni untuk memimpin Kabareskrim Polri.

Hal itu dikatakan para pihak tersebut bukan tanpa alasan, disebutkan, bahwa selama kepemimpinan Kapolda Riau Irjen Pol Agung di Provinsi Riau sejak september 2019 lalu, sangat bagus dan diakuinya telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Riau.

“Lebih detailnya jangan tanyakan sama tokoh saja, tanyakan juga dengan masyarakat di Riau ide dan gagasan Kapolda Riau ini, jawabnya pastilah sama apalagi beliau boleh dikatakan ahli dalam teknologi,” kata Feri, Selasa (26/1/21). 

Sementara  Parisman, yang juga menjabat sebagai sekretaris fraksi Golkar itu mengungkap, “seingat saya, setelah beliau bertugas di Riau tahun 2019 lalu, sudah sangat banyak prestasi yang kita dengar, mulai dari pemberantasan narkoba, Ilegal logging, dan kejahatan kriminal lainya, termasuk pengamanan pilkada di 9 Kabupaten/Kota baru-baru ini, sangat aman dan sukses”.

“Selama kepemimpinan pak Agung, masyarakat Riau banyak dapat merasakan buah pikirnya maupun ketegasan beliau, terutama tidak adanya asap selama hampir 2 tahun ini,” katanya.

Padahal seperti diketahui kata Parisman, “yang sudah menjadi bencana Nasional selama puluhan tahun adalah kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan. Namun karena keahlian beliau dibidang teknologi Agung menciptakan aplikasi “Dasboard Lancang Kuning”, yang mampu mendeteksi dini titik api dengan cepat.

"Semua prestasi Agung selama Riau, menjadi bukti bahwa Kapolda kita ini bukan sosok sembarangan. Agung adalah sosok Jenderal Konseptor, apalagi dunia kriminologi saat ini sudah canggih, kejahatan pembobolan Perbankan, dan lain-lain sudah menggunakan perangkat teknologi dan system digitalisasi, yang semakin sulit untuk di ungkap, maka Polri sangat membutuhkan skill seperti yang di miliki oleh Irjen Pol Agung," katanya.

Bahkan sisi lain dari kepribadian Agung pun, diungkapkan oleh Parisman, contohnya, Agung disebutkannya sangat terbuka kepada semua pihak dan gaya humanis kepemimpinannya sangat kental, dan kaya pengalaman di reserse selama berkarir di Polisi.

Diketahui, Irjen Pol Agung pernah menjabat Deputi Siber Badan Intelijen Negara (BIN) dan pernah dianugerahi penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat. Penghargaan kepadanya diberikan langsung oleh Wakil Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) David L Bowdich pada Juli 2019 lalu.

“Kabarnya apresiasi itu diberikan FBI atas jasa Irjen Pol Agung Setya dalam penyelidikan dan penyidikan kasus Kapal Equanimity. Kasus itu ditanganinya ketika dia menjabat Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada 2016 silam,” ulasnya.

Bicara masalah intelijen ulas Parisman, kemampuan beliau tidak diragukan lagi pasalnya dia sudah mumpuni di bidang reserse. Agung menurutnya sangat tepat untuk berdampingan dengan Kapolri baru, Listyo Sigit Prabowo.

“Saya sangat yakin itu, makanya saya berharap kepada Kompolnas, dan Rekan-rekan di komisi III DPR RI agar objektif dalam mengangkat pejabat Kabareskrim Polri, dan kami dari DPRD Riau sangat mendukung dan berharap, agar pak Agung dengan kemapuan teknologi dan berprestasi ini bisa ditempatkan di posisi yang tepat, " harap Parisman.

Sementara Feri menyebut tidak ada gading yang tak retak, tentunya Agung selaku manusia biasa tentu ada juga kekhilafan, “kita berharap kalau ada masyarakat yang menilai ada kelamahan tentunya akan memicu kerja beliau kedepan kalau memang Kapolri dan pihak-pihak mengingikan beliau menjadi Kabareskrim,” pungkasnya.**