Ganteng-ganteng Tiga Pelaku Pencuri Ternak di Cianjur Ini Meresahkan Warga

Ganteng-ganteng Tiga Pelaku Pencuri Ternak di Cianjur Ini Meresahkan Warga

Cianjur - Kapolsek Warungkondang Kompol Surachman mengatakan tiga orang komplotan pencuri spesialis hewan ternak di Cianjur, Jawa Barat (Jabar), berinisial PN (34), MA (23), dan EM (45) berhasil ditangkap.

Aksi pelaku yang mencuri belasan domba dalam beberapa bulan terakhir, membuat warga resah, pelaku sendiri ditangkap usai salah seorang pemilik ternak di Kecamatan Gekbrong melapor jika kehilangan domba ternaknya.

"Ketiga pelaku yang meresahkan tersebut berhasil kami tangkap kemarin malam,” ujar Surachman, Sabtu (16/1/21).

Berdasarkan hasil penyelidikan, diketahui jika pencurian tersebut dilakukan oleh PN dan MA. Polisi pun berhasil menangkap kedua pelaku tersebut di wilayah Cipatat Kabupaten Bandung Barat, dari hasil pemgembangan kemudian menangkap EM (45) yang berperan sebagai penadah.

“Dua diantaranya ditangkap di Cipatat,, sedangkan satu pelaku yang merupakan penadah ditangkap di wilayah Cilaku Cianjur," ulasnya.

Menurutnya dari hasil penyelidikan, pelaku sudah melakukan aksi pencurian di 10 lokasi berbeda, dengan total 11 domba warga yang dicuri. Domba hasil curian itu dijual kepada penadah dengan harga Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta per ekor.

Sambungnya, ternak dijual dengan harga variatif, tergantung ukuran domba. Tapi paling murah Rp 700 ribu, sedangkan paling mahal mereka jual Rp 2 juta.

Ia mengungkapkan uang hasil penjualan domba curian digunakan pelaku untuk foya-foya. "Sebagian digunakan untuk foya-foya, sebagian dipakai untuk kebutuhan sehari-hari," kata dia.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal pencurian dan pemberatan atau Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana kurungangan 5 tahun penjara,” pungkasnya.**