Pacific Nation of Palau Menjadi Negara Pertama Bebas Corona

Pacific Nation of Palau Menjadi Negara Pertama Bebas Corona

Pacific - Negara Pacific nation of Palau dikatakan siap menjadi salah satu negara pertama di dunia bebas COVID pasalnya dengan populasi sedikit di atas 21.600 telah divaksinasi terhadap virus corona.

Apalagi negara ini hanya berukuran hampir sama dengan beberapa pinggiran kota di Sydney dan Melbourne. "Saya cukup optimis bahwa mereka akan mencakup semua orang dengan cukup cepat, dan mereka mungkin menjadi yang pertama di kawasan Pasifik yang memiliki cakupan lengkap,” demikan ungkap Salah seorang spesialis kesehatan masyarakat di Pasifik di Universitas Auckland, Colin Tukuitonga, Selasa (5/1/21).

Ukuran inilah yang telah menempatkan negara itu pada posisi utama untuk menjadi yang pertama diinokulasi terhadap COVID-19, setelah menerima pengiriman pertama vaksin Moderna pada hari Sabtu (2/1/21) lalu dan memulai vaksinasi pada hari Minggu (3/1/21).

"Palau adalah pulau yang sangat kecil dengan populasi yang sangat kecil, dan itu merupakan keuntungan,” katanya.

Sementara vaksin tidak wajib, Dr Tukuitonga mengatakan menginokulasi 80 persen populasi Palau adalah "target yang baik" yang akan mencegah kemungkinan wabah dahsyat yang melanda negara itu.**