Sempat Mengegerkan, Hiu Paus Nyasar Masuk Sungai Wanggu Kendari Di Evakuasi

Sempat Mengegerkan, Hiu Paus Nyasar Masuk Sungai Wanggu Kendari Di Evakuasi

Kendari - Seekor ikan hiu paus bikin heboh warga di sepanjang jalur Sungai Wanggu, Jalan Kolonel ZA Sugianto, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sabtu (2/1/21).

Keberadaan ikan sepanjang tiga meter lebih awalnya terlihat selepas salat subuh, ikan terbesar di dunia dengan nama letin Rhincodon typus itu, mendadak terlihat masuk di dalam aliran sungai kecil di belakang rumah warga.

Awalnya kemunculan ikan itu diketahui aaat seorang warga yang membangun pemukiman di pinggir sungai, merasakan dinding rumahnya bergetar.

"Waktu kita menonton, ikan terlihat berenang menjauh dari rumah menuju sungai di belakang RSU Kota Kendari. Warga lain mulai datang, kemudian mulai ramai," ujar warga, Daeng yang sempat ikut memegang ikan hiu paus itu.

Sekitar pukul 07.00 Wita, saat sungai yang bermuara di Teluk Kendari itu mulai surut, ikan terlihat kesulitan berenang. Sungai Wanggu saat air laut surut,mengandung lumpur cukup tebal.

Warga yang dibantu tim BKSDA Sulawesi Tenggara, diketahui mendorong hiu paus hingga ke menuju teluk Kendari. Evakuasi ikan menuju teluk, baru berhasil sekitar pukul 13.30 Wita.**