Kehadiran BRILink Hadir Didaerah Perbatasan Sangat Dirasakan Warga Badau

Kehadiran BRILink Hadir Didaerah Perbatasan Sangat Dirasakan Warga Badau

Kalimantan - Warga Badau Kabupaten Kapuas Hulu merasa terbantu dengan kehadiran bank di wilayah mereka, disebutkan warga salah satunya Bank BRI membantu masyarakat mulai dari menyimpan uang, mengambil gaji, hingga mengajukan kredit.

"Merasa terbantu sekali dengan adanya BRI. Fasilitas kredit yang diberikan BRI membuat saya bisa memulai usaha hingga sampai saat ini bisa beli rumah," sebut warga Desa Lanjak, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Doni. 

Dia menerangkan Badau di zaman dulu sangat sunyi dan gelap. Jalanan lintas utama dari Badau menuju Putussibau hingga Pontianak jauh dari kata layak dilintasi. Permukaannya tanah merah, semak belukar di kanan dan kirinya. Jika hujan turun, rupa jalanan tersebut identik dengan kubangan.

“Selain akses jalanan yang buruk di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia itu, di era tahun sembilanpuluhan warga Badau masih belum tersentuh layanan perbankan. Saat ini sudah ada bank di Badau,” katanya.

Dia mengisahkan, dulu untuk menabung di bank ayahnya sering pergi ke daerah Semitau, Kapuas Hulu. Ia beberapa kali diajak ayah untuk pergi ke Bank Daerah setempat.

Ulasnya, untuk sampai ke sana, warga harus menempuh perjalanan selama tiga jam naik speedboat. Belum lagi jika turun hujan sampai banjir,Dia dan ayahnya pasti basah kuyup sampai ke tujuan.

“Dulu untuk menabung di bank, warga Badau bisa ke Putussibau. Namun, jaraknya yang jauh dan akses jalan yang sulit ditempuh membuat warga enggan menabung ke bank. Uang hanya disimpan di rumah, biasanya di bawah tempat tidur,” katanya.

Sementara menurut cerita Ade dan warga Badau lainnya, sebelum ada jalanan aspal, perjalanan menuju Putussibau bisa memakan waktu dua hari dua malam. Mereka harus bermalam di tengah jalanan gelap gulita.

Sementara itu, dia menambahkan layanan BRILink juga sangat membantu warga Badau untuk mengirim uang, membayar tagihan, serta menabung. Dia mengaku kerap didatangi warga yang hendak mengirim uang ke sanak saudara, bahkan di malam hari.

"Di sini orang jadi lebih mudah kirim uang. Saya beberapa kali diketuk pintu malam hari, pernah jam 2 pagi katanya mau kirim uang untuk anaknya di luar kota, itu tetap kita layani. Mereka terbantu dengan adanya BRILink jadi mudah kirim uang atau simpan," pungkasnya.**