Tenaga Lokal Diacuhkan PT. Inti Benua Perkasatama BEM Dumai Ancam Demo

Tenaga Lokal Diacuhkan PT. Inti Benua Perkasatama BEM Dumai Ancam Demo

Dumai - Diduga banyaknya mempekerjakan tenaga kerja yang berasal dari luar Kota Dumai dibandingkan dengan tenaga kerja lokal, BEM Se-KOTA DUMAI ancam demo PT. INTI BENUA PERKASATAMA (PT IBP).

Rezki Putra Ade selalu koordinator BEM Se-KOTA DUMAI mengatakan pihaknya sudah menjumpai pihak perusahaan terkait adanya dugaan tersebut tapi pihak PT IBP menjawab telah mempekerjakan 80 persen tenaga kerja lokal.

"Tetapi ketika kami mintai data terkait dengan tenaga kerja yang mereka maksudkan, mereka malah enggan memberikannya, dengan alasan data tersebut merupakan bagian dari rahasia perusahaan," kata Rezki.

Padahal ulas Reski, hal tersebut bertentangan dengan PERDA KOTA DUMAI Nomor 10 Tahun 2004 tentang Ketenagakerjaan, dalam PERDA tersebut mewajibkan untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal sebanyak 70 peren.

"Kami sudah menjumpai pihak perusahaan, pihak perusahaan mengatakan berdalih rahasia," katanya.

Katanya, apabila pihak perusahaan memang sudah mempekerjakan tenaga kerja lokal sebanyak 80 persen maka seharusnya mereka tidak keberatan untuk menunjukkan datanya.

"Kalau dikatakan data tersebut merupakan rahasia perusahaan, itu bertentangan dengan UU Keterbukaan informasi publik, karena data tenaga kerja bukan termasuk informasi yang dikecualikan untuk dikonsumsi oleh publik," tukas Rezki.**