BMKG Ingatkan Nelayan Natuna Hati-hati Melaut

BMKG Ingatkan Nelayan Natuna Hati-hati Melaut

Jakarta - Dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dilihta peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada akhir pekan ini.

BMKG mengimbau warga, terutama nelayan, untuk waspada. Gelombang setinggi hingga 7 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara atau Laut China Selatan.

Karena BMKG memprediksi gelombang tinggi muncul pada Jumat-Sabtu, 4-5 Desember 2020. Gelombang tinggi dilaporkan berpotensi muncul di perairan Aceh hingga Papua.

Gelombang tinggi dipicu pola angin, di mana kecepatan angin tertinggi terjadi di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Keterangan BMKG, Jumat (4/12/20), "Terdapat pola tekanan rendah 1006 hPa di Samudra Hindia barat daya Banten dan Laut Flores."

Pola angin katanya, di wilayah Indonesia umumnya bergerak dari barat-utara dengan kecepatan berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan utara Kepulauan Natuna-Kepulauan Anambas, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan. 

Kondisi ini mengakibatkan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

    Baca Juga :

Himbau BMKG, "Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan".**