"T Rusli Ahmad"

Berkunjung Ke Meranti Ketua SantanNu Ajak Pemuda Ambil Peluang Program Jokowi

Berkunjung Ke Meranti Ketua SantanNu Ajak Pemuda Ambil Peluang Program Jokowi

Meranti - Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dan Rusli Ahmad membahas tentang berbagai potensi pertanian yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti yang nantinya dapat dilakukan kerja sama dengan DPP Dewan Pimpinan Pusat (DPP) SantanNU, Sabtu (28/11/20).

Hal itu terungkap saat kunjungan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) SantanNU, Rusli Ahmad sekaligus bersilaturahmi ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Rusli disambut langsung Sekdakab Meranti, Kamsoel dan beberapa pejabat daerah tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, terpantau media juga saat itu Bendahara SantanNU Alexander P, Dewan Pakar SantanNU Profesor Ashaluddin Jalil MS.  

Menurut Sekda Kamsoel, "Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki banyak potensi pertanian yang dapat dikembangkan, seperti kopi, sagu, dan Aren".

"Demikian juga di sektor perikanan, masih terbuka peluang untuk mengembangkan budi daya ikan laut seperti kerapu dan udang," kata Kamsoel.

Usai itu, DPP SantanNU juga bersilaturahmi dan berdialog dengan para pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan seperti KNPI, HMI, Banser NU, remaja mesjid, dan pengurus NU Kepulauan Meranti.

Rusli mengajak anak-anak muda, para aktivis organisasi kepemudaan di daerah Meranti bergerak di sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan tidur yang tidak produktif.

"Di masa pandemi Covid-19 ini kita disadarkan bahwa sektor pertanian sangat penting karena dapat menjaga ketahanan pangan nasional," kat Rusli.

Ulasnya, "ini momentum bagi anak-anak muda untuk berkarya di sektor pertanian. Apalagi pemerintahan Bapak Presiden Jokowi sekarang memberi perhatian besar terhadap masalah ketahanan pangan". 

Jelas Rusli, saat ini DPP SantanNU sedang mendata potensi pertanian di berbagai daerah di Riau. Ulasnya, SantanNu juga sudah berkomunikasi dengan sejumlah kementrian yang memiliki program dan anggaran untuk ketahanan pangan ini.

"Beberapa waktu lalu saya sudah berdiskusi dengan Menteri LHK, Ibu Siti Nurbaya untuk pemanfaatan lahan yang tidak produktif," terang Rusli, disambut tepuk tangan para pemuda yang berkumpul saat itu.

"Karena saya ini juga Ketua Umum Asosiasi Petani Aren Indonesia (Aptari), saya sarankan gerakan menanam satu miliar Aren di seluruh Indonesia. Ide ini pun mendapat sambutan positif dari ibu menteri," ulasnya lagi. 

Untuk Kabupaten Meranti, tambah Rusli, pihaknya siap membantu para pemuda di daerah ini yang ingin ikut serta mensukseskan program ketahanan pangan ini.

"Silahkan masing-masing organisasi buat kelompok tani, nanti kita bantu carikan bibit dan pupuknya. Yang penting kita punya keseriusan untuk mengambil peluang ini," pungkasnya.**