Facebook Ancam Hapus Kampaye Hoaks Penayangan Iklan Pilkada 2020

Facebook Ancam Hapus Kampaye Hoaks Penayangan Iklan Pilkada 2020

Medsos -- Pilkada 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang dan masa penayangan iklan kampanye di media sosial akan dimulai segera (14 hari sebelum dimulainya masa tenang).

Berkenaan dengan hal tersebut, Facebook bermaksud untuk berbagi informasi mengenai komitmennya untuk melindungi dan menjaga integritas demokrasi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Terlampir adalah beberapa langkah yang diambil Facebook untuk memenuhi komitmennya, antara lain upaya: 

menghapus akun palsu, mengurangi distribusi berita palsu, menjaga integritas sipil melalui transparansi iklan yang lebih baik menemukan dan menghapus pelaku ancaman mendukung pemilih agar mendapatkan informasi yang memadai.

"Untuk mempelajari lebih lanjut tentang komitmen Facebook dalam melindungi dan menjaga integritas demokrasi, berikut kami lampirkan lembar fakta sebagai referensi Anda," demikian bunyi rilis yang disampaikan tim facebook Indonesia.

"Kami percaya bahwa Facebook dan keluarga aplikasi-aplikasi kami memiliki potensi untuk menjadi kekuatan positif bagi demokrasi di seluruh dunia."

Namun, kami juga menyadari bahwa ada pihak yang ingin menyalahgunakan platform kami untuk mengganggu proses demokrasi.

Kami berkomitmen untuk mencegahnya, dan kami mengambil sejumlah langkah untuk melindungi dan menjaga integritas demokrasi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Menghapus Akun Palsu Kami terus melakukan peningkatan untuk mengenali akun palsu dengan lebih mudah melalui sistem keamanan otomatis kami yang beroperasi jutaan kali setiap detik.

Kami juga telah meningkatkan lebih dari tiga kali lipat jumlah orang yang bekerja di bidang keselamatan dan keamanan menjadi lebih dari 35.000 orang.

Mengurangi Distribusi Berita Palsu Kami bekerja keras untuk mengurangi penyebaran berita palsu di Facebook melalui kombinasi teknologi dan peninjauan manusia, serta menyediakan alat untuk mengenali berita palsu bagi komunitas kami.

Pendekatan kami berfokus pada menghapus konten yang melanggar Standar Komunitas kami, mengurangi penyebaran konten bermasalah, dan memberikan informasi dengan konteks tambahan kepada komunitas kami.

Di Indonesia, kami bekerja sama dengan dengan sejumlah media dalam inisiatif pengecekan fakta. Melalui program pengecekan fakta ini, kami dapat membantu
membangun komunitas yang memiliki informasi yang memadai di Indonesia.

Menjaga integritas sipil melalui transparansi iklan yang lebih baik Kami ingin memastikan orang-orang menggunakan Facebook secara autentik, dan memahami dengan siapa mereka berbicara.

Sejak September 2019, kami telah meningkatkan penegakan kebijakan dan alat transparansi iklan secara proaktif, dan menggunakan peninjauan manusia dan peninjauan otomatis untuk meninjau iklan dan konteksnya.

Di Indonesia, sejak Agustus 2020, kami secara proaktif menegakkan kebijakan kami tentang iklan pemilu atau politik. Kami bersemangat untuk menghadirkan hal ini ke Indonesia karena iklan-iklan tersebut adalah salah satu upaya kunci kami menjelang Pilkada pada bulan Desember.

Menemukan dan menghapus pelaku ancaman Kami terus bekerja untuk mengidentifikasi ancaman baru dan menghapus jaringan akun-akun dengan perilaku tidak autentik yang terkoordinasi di seluruh aplikasi kami. 

Pendekatan kami untuk menangani perilaku tidak autentik termasuk mendeteksi segala jenis aktivitas yang berbahaya terkait pemilu dan menandainya untuk peninjauan secara manual sehingga kami dapat mengambil tindakan
melalui tim keamanan kami yang menyelidiki aktivitas mencurigakan.

Kami menghapus akun-akun yang melanggar, dan terus meningkatkan proses ini dengan mempelajari hal baru dari tim global. Selama lebih dari 3 tahun terakhir, kami telah menghapus lebih dari 100 jaringan akunakun dengan perilaku tidak autentik yang terkoordinasi di seluruh dunia.

Mendukung partisipasi publik dan pemilih yang terinformasi dengan baik Di Indonesia, kami menjangkau partai politik dan badan penyelenggara pemilu untuk berbagi praktik terbaik dengan kandidat tentang cara menggunakan aplikasi kami secara efektif dan bertanggung jawab.

Selain itu, kami juga memberikan dukungan bagi perusahaan media dalam membuat konten berkualitas.

Informasi Tambahan:

● Untuk informasi lebih lanjut mengenai program edukasi kami dalam meningkatkan literasi
digital, kunjungi portal Asah Digital.
● Untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana kami mendorong transparansi iklan yang lebih
baik, kunjungi newsroom kami.**