Forum Media HWPL

Forum Media Asia Nyatakan Sikap Terhadap Manajemen dari Pandemi COVID-19

Forum Media Asia Nyatakan Sikap Terhadap Manajemen dari Pandemi COVID-19

Korea - Forum perdamaian media Budaya Surgawi, Kedamaian Dunia, Pemulihan Cahaya (HWPL) "V.O.P. (Voice of Press)" bersama Forum Media Asia mengadakan secara online untuk membahas cara-cara menangkal pandemi COVID-19 saat ini dan tantangan terkait dalam konteks jurnalisme dan perdamaian.

Webinar ini bertujuan untuk menciptakan sebuah jaringan media global yang damai di mana jurnalis global dapat berbicara kebebasan pers dan jurnalisme perdamaian.

Forum ini sudah dilaksanakan sebanayk 33 kali sejak November 2016, dihadiri 176 jurnalis dari 22 negara termasuk Austria, Bangladesh, Cina, Mesir, India, Indonesia, Namibia, Nepal, Nigeria, Filipina, Rusia, Swedia, dan Ukraina.

Ini adalah forum bersama pertama untuk enam negara Asia—Hong Kong, Indonesia, Nepal, Filipina, Taiwan, dan Korea Selatan.

Peneliti Kebudayaan Korea Independen (Hongkong), Cyrus Ng, sebut Media di Hong Kong saat ini menghadapi tantangan besar dalam hal kebebasan pers.

"Hong Kong telah mengalami banyak perubahan seperti demonstrasi massa untuk mendukung reformasi demokrasi," jelas Cyrus Ng.

Menurut Cyrus Ng, "Kapan COVID-19 melanda Hong Kong, itu memperumit seluruh situasi. Itu pemerintah telah memberlakukan larangan jarak sosial tertentu kepada mereka keuntungan atau agenda sendiri untuk menghentikan protes atas nama publik masalah kesehatan.

Langkah-langkah yang diambil pemerintah Hong Kong ulasnya, mempengaruhi semua lapisan masyarakat.

"Misalnya pemilihan dewan legislatif ditunda, pengujian COVID-19 gratis memperburuk ketidakpercayaan di antara keduanya Warga Hong Kong dan pemerintah," katanya.

Ungkapnya, secara umum pemerintah Korea Selatan telah melakukan job balancing yang lebih baik kebutuhan semua pemangku kepentingan dan menanggapi krisis dengan tepat waktu.

"Ini berharap pers baik di HK atau negara lain akan berdiri bersama, dan jangan biarkan kebenaran dibungkam," katanya.

Tentang HWPL :

Budaya Surgawi, Kedamaian Dunia, Pemulihan Cahaya (HWPL) adalah sebuah organisasi internasional yang berkantor pusat di Seoul, Republik Korea berkomitmen untuk memajukan perdamaian, terkait dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa Dewan Ekonomi dan Sosial (UN ECOSOC) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa
Departemen Komunikasi Global (UN DGC).

Sejak 2013, HWPL telah bekerja dengan lebih dari 193 negara dengan tujuan mencapai perdamaian dunia dan penghentian perang.**