PT Kalbe Farma Kampanyekan "Bersama Diabetasol, Sayangi Dia"

PT Kalbe Farma Kampanyekan "Bersama Diabetasol, Sayangi Dia"

Jakarta - Indonesia masih masuk dalam 10 besar negara di dunia dengan kasus diabetes terbesar, tepatnya di peringkat ke-7 di tahun 2019. Itu dikalkulasikan ada sekitar 1 dari 25 orang Indonesia terdeteksi menderita diabetes.

Menurut kajian International Diabetes Federation (IDF) Diabetes Atlas, jumlahnya capai 10.681.400 jiwa penderita diabetes (diabetesi) dari 172.244.700 jiwa total populasi orang dewasa di Indonesia.

Menjelang peringatan World Diabetes Day (WDD) tahun ini, selain angka prevalensi yang terus meningkat, kondisi pandemi juga menjadi ancaman baru bagi para penderita diabetes.

Orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, dan asma lebih rentan mengalami risiko komplikasi bila terinfeksi virus COVID-19. 

Dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, orang yang terpapar virus COVID-19 dengan kondisi penyerta penyakit diabetes, menduduki peringkat kedua terbanyak.

Oleh karena itu Director of Special Needs & Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritionals Tunghadi Indra menyatakan KALBE Nutritional melalui brand Diabetasol nutrisi untuk diabetes.

Katanya, atas banyaknya penderita ini "Kalbe" menaruh perhatian khusus terkait data prevalensi diabetes yang ada dan menegaskan komitmennya untuk terus melakukan edukasi cara mengatasi diabetes kepada masyarakat luas.

"Kami sebagai produsen nutrisi untuk diabetes akan terus membantu mengedukasi masyarakat tentang pola makan diabetes secara komprehensif, sehingga bersama-sama dapat menekan angka prevalensi diabetes dan membantu meminimalkan para penderita diabetes terpapar COVID-19," ungkap Tunghadi Indra.

Tunghadi juga menambahkan perlunya dibentuk komunitas masyarakat yang sadar diabetes, sehingga semakin banyak orang yang mampu menjadi caregiver diabetes.

"Adapun caregiver adalah setiap orang yang bisa menjadi sistem pendukung (support system) bagi penderita diabetes, contoh sederhananya saja adalah keluarga dekat," katanya.

Caregiver diharapkan memahami penyebab penyakit diabetes, gejala diabetes, jenis-jenis penyakit diabetes, cara mencegah diabetes, pemicu gula darah naik, cara menormalkan gula darah, bahkan cara mengobati diabetes. 

Dalam rangka Hari Diabetes Sedunia 2020 ini, Diabetasol akan kembali mengadakan serangkaian kegiatan, misalnya dengan payung kampanye "Bersama Diabetasol, Sayangi Dia".

Kampanye ini mengandung ajakan agar semua pihak mulai dari tenaga medis, keluarga, sahabat, dan kerabat mempunyai peran aktif dalam memberikan dukungan bagi penderita diabetes.**