Lukisan Figuratif Berusia 40.000 tahun di Kalimantan Timur Terus Diteliti

Lukisan Figuratif Berusia 40.000 tahun di Kalimantan Timur Terus Diteliti

Kabar Budaya - Dipimpin arkeolog Indonesia serta Tim penelitian internasional berhasil menemukan lukisan figuratif berusia 40.000 tahun di Kalimantan Timur.

Lukisan yang disebut tertua di dunia ini akan diusulkan menjadi warisan budaya dunia, lukisan figuratif tersebut setelah diuji dengan metode analisis uranium.

Gambar cadas ini yang diketahui penanggalan minimumnya adalah berusia 40.000 tahun dan merupakan gambar seekor hewan yang tidak teridentifikasi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, likisan berusia 40.000 tahun ini sangat penting maknanya bagi Indonesia dan dunia.

"Dunia akan mengetahui bahwa pada masa 40.000 tahun lalu sudah ada peradaban yang tinggi di wilayah Indonesia, kita akan teliti kembali dari aspek yang lebih luas, kemungkinan merupakan spesies banteng liar yang hingga kini masih ditemukan di pedalaman Kaltim," katanya.

Kemendikbud akan mengusulkan temuan gambar cadas tertua di dunia itu sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO.

"Kita optimistis lukisan tersebut bisa menjadi warisan dunia, sebab ini adalah temuan berskala internasional," pungkasnya.**