Akibat Hujan Banjir dan Longsor Mendera Wilayah Jateng, Belasan Rumah Tertimbun

Akibat Hujan Banjir dan Longsor Mendera Wilayah Jateng, Belasan Rumah Tertimbun

Purworejo - Belasan rumah di Purworejo, Jawa Tengah, dikabarkan rusak dan satu orang dilarikan ke rumah sakit akibat tertimpa tebing longsor, longsor terjadi karena terjangan hujan deras sejak Minggu sore hingga Senin (26/10/20).

Longsor juga sempat menutup akses jalan utama Purworejo-Magelang yang mengakibatkan arus lalu lintas macet total sejak malam tadi, namun kini sudah lancar kembali.

Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo, banjir dan tanah longsor di Kabupaten Purworejo mengakibatkan 7 rumah rusak berat dan jalan Dusun Kaliduren-Gupit tertutup tanah longsor.

"Meski begitu tidak ada korban jiwa, namun sedikitnya 7 rumah rusak berat karena terkena longsor. Sedangkan satu orang terluka sehingga dilarikan ke rumah sakit," katanya, Senin (26/10/20).

Tanah longsor juga terjadi di Dusun Pencil, Desa Kalijering, Kecamatan Pituruh yang satu orang cedera kepala sudah dibawa ke RSUD Prembun, 15 jiwa mengungsi di tetangga.

"Saat ini sedang penanganan petugas," katanya.

Selain di Desa Kalijering, longsor juga terjadi di desa lain di Kecamatan Pituruh. Beberapa rumah juga dilaporkan rusak akibat terkena longsoran sehingga jumlah total rumah rusak ada sekitar 12 rumah.

Tak hanya longsor, banjir setinggi 1 meter juga menggenangi beberapa desa di Kecamatan Pituruh. Meski sempat masuk ke pemukiman penduduk.**