Bupati Catur Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2020

Bupati Catur Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2020

Kabar Daerah - Bupati Kampar, Riau, H Catur Sugeng Susanto,SH saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2020 tingkat Kabupaten Kampar yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kampar, senin (13/7/30).

Apel siaga ini dihadiri oleh Sekda Kampar Drs Yusri,M.Si, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amil, S.ip M., Ipol Kapolres Kampar AKBP M Kholiq,SIK,MH, Kemenag Kampar Alfian,M.Ag, Para Asisiten, Staf Ahli, Kepala Dinas serta juga diikuti oleh para TNI,Polri dan TAGANA Kampar.

Apel dalam kesiapsiagaan pencegahan bencana ini, segenap elemen masyarakat, unsur pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, TAGANA, PMI,Tim SAR, Forum Pengurangan Resiko Bencana, dan seluruh  organisasi yang memiliki satuan siap-siaga bencana dalam pidato Bupati Catur minta terus menunjukkan komitmen dalam menghadapi kerawanan bencana yang bakal muncul. 

Dijelaskan Catur Sugeng, bahwa geografis kabupaten kampar memiliki potensi bencana alam, seperti di saat musim kemarau terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan pada musim penghujan terjadi bencana banjir.

"Untuk itu kita harapan agar masyarakat dan semua elemen untuk terus lebih mengedepankan upaya pencegahan bencana," kata Bupati.

Walupun demikian kata Bupati, dia mengapresiasi kepada segenap unsur yang senantiasa mengedepankan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, mengingat hampir setiap tahun bencana alam banjir dan kebakaran hutan dan lahan terjadi.

"Bencana alam dapat terjadi kapanpun, dimanapun, dan terjadi baik pada musim penghujan, maupun musim kemarau, jadi harap waspada, jangan bakar lahan saat buka kebun," katanya.

Selanjutnya bencana yang perlu menjadi perhatian kita bersama saat ini adalah pencegahan bemcana non alam Covid-19.

"Walaupaun saat ini kita telah masuk ke tatanan baru New Normal bukan telah masuk suasana Normal, akan tetapi new normal merupakan tanan baru untuk teta  beprilaku hidup sehat, tetap cuci pakai sabun, gunakan masker apabila keluar rumah dan tetap jaga jarak," himbaunya.*Dani.