7 ABK KM Ismail Jaya Tenggelam di Wilayah Perairan Sinjai, Selamat

7 ABK KM Ismail Jaya Tenggelam di Wilayah Perairan Sinjai, Selamat

Kabar Peristiwa - Kapal Motor (KM) Ismail Jaya tenggelam di wilayah Perairan Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tujuh orang ABK yang sempat terbagi menjadi dua kelompok hingga hilang ditemukan selamat.

Kapal pengangkut kayu asal Kabupaten Jeneponto, awalnya berlayar dari Pelabuhan Muna Barat, Sulawesi Tenggara dengan tujuan Kabupaten Jeneponto, Sulsel. Tapi saat kembali berlayar, kapal mengalami kebocoran di lambung kiri hingga tenggelam pada Jumat (10/7/20) sekitar pukul 02.00 Wita.

Koordinator Basarnas Bantaeng, Arman Amiruddin, membenarkan kejadian ini, katanya semua ABK ditemukan selamat. "2 orang ABK-nya berenang duluan ke pulau terdekat, Pulau Leang-leang namanya, cari bantuan di sana. Terus yang 5 orang sisanya stand by di kapal," ucap Arman, Sabtu (11/7/20).

Arman mengatakan 2 ABK KM Ismail Jaya yang duluan kepantai itu dikabarkan belum kembali. "Yang 5 orang ini ada nelayan setempat yang ambil, dia dievakuasi. Justru yang 2 orang ini yang dinyatakan hilang," sebut Arman.

Saat ini pencarian ABK ini terus dilakukan oleh tim SAR gabungan, mulai dari Basarnas, SAR Unhas dan SAR UNM, Polairut, hingga BPBD. Belakangan diketahui, kedua ABK tersebut diselamatkan kapal Jolloro pencari ikan milik nelayan lainnya sekitar pukul 17.00 Wita atau ditemukan sekitar 15 jam setelah kapal tenggelam.

Kedua ABK tersebut baru dievakuasi di tempat pelelangan ikan (TPI) Lelong, Sinjai, sekitar pukul 09.00 Wita, pagi tadi.

"Tim SAR gabungan juga telah menjemput 5 ABK lainnya di Pulau Leang-leang, Sinjai," ulasnya.**