Pusdi Perlintan Bahas Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

Pusdi Perlintan Bahas Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

Kabar Sosial - Pusat Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (Pusdi Perlintan) LPPM UNS bekerjasama dengan Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Prodi PKP) Fakultas Pertanian UNS, selenggarakan Webinar dengan media daring, Rabu (24/6/2) kemaren.

Selain itu webinar juga bekerjasama dengan Sekretariat Nasional Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Indonesia dengan tema "Petani, Pertanian, dan Pedesaan di Era Kenormalan Baru Pasca Pandemi Covid-19".

Hal ini guna, dalam upaya merespon dampak covid-19 terhadap petani dan masyarakat pedesaan.

Acara tersebut dihadiri oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai Instansi di Seluruh Indonesia.

Beberapa instansi tersebut antara lain dari lingkungan kementerian, Lembaga penelitian (LIPI, Balai Pelatihan dan Riset), Lembaga Pendidikan dan Perguruan Tinggi, Dinas Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Ketahanan Pangan, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, BMKG, BPS, Bumdes, Kelompok Tani, konsultan, praktisi pertanian, swasta dan masyarakat umum. 

Webinar ini dibuka oleh ketua LPPM, Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.Si., Drs. Samsul Widodo, MA (Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI bertindak sebagai keynote speaker pada acara tersebut.

Hadir pula beberapa narasumber antara lain Ketua Sekretariat Nasional BUMP Indonesia, Dr. Ir. Sugeng Edi Waluyo, MM., Petani/Direktur BUMP PT. Pengayom Tani Sejagad, Hanjar Lukito Jati, Tim Percepatan Pembangunan Propinsi Jawa Tengah,  Warsito Ellwein, Dosen Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Dr. Sapja Anantanyu, SP, MSi., dan Guru Besar Ekonomi Pertanian FP UNS Prof. Dr. Ir. Darsono, MS., peneliti pada Pusat Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Petani LPPM UNS.

Dalam paparanya, Samsul Widodo menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi oleh desa antara lain rendahnya skala ekonomi, lemahnya akses pasar, Jalur distribusi yang panjang, rendahnya sarana pasca panen, dan kesulitan permodalan. Untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut diperlukan bisnis model pengelolaan, distribusi, dan pemasaran produk unggulan perdesaan memalui ekosistem digital. 

Sementara Darsono mengungkapkan adanya involusi pedesaan, dimana terjadinya involusi pertanian dan kemiskinan petani di desa secara simultan. Guru Besar Ekonomi Pertanian tersebut menambahkan perlunya membuat peta jalan baru dalam memberdayakan petani baik dalam jangka pendek (menata kembali pertanian kecil modern), jangka menengah (konsolidasi pertanian nasional), dan jangka menengah (perkuatan industri pertanian di pedesaan.

Menurut Warsito Ellwein, yang terpenting untuk meningkatkan kesejahteraan petani adalah pelunya mengubah mindset petani terkait posisinya sebagai produsen pertanian. Sebagai 

Produsen, petani harus memandang aktivitas usaha taninya bukan sekedar way of life tetapi juga sebagai kegiatan bisnis. Selain itu, tentu diperlukan keberpihakan secara politik sehingga petani memiliki posisi tawar.

Dari perspektif penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat, Sapja Anantanyu menekankan perlunya reorientasi model penyuluhan pertanian untuk merespon era kenormalan baru pandemi covid-19. Model tersebut harus memperhatikan beberapa hal antara lain: pemahaman desa dengan lebih baik, pengembangan kelembagaan di pedesaan, perencanaan secara partisipatif, pemberdayaan masyarakat, jalinan kerjasama antar instansi dalam penyuluhan, dan pengembangan integrated farming.

Sugeng Edi Waluyo yang merupakan penggagas, inisiator, implementator, dan pendamping BUMP di Indonesia mengungkapkan bahwa BUMP sebagai inovasi kelembagaan dalam pembangunan pertanian dan pedesaan telah terbukti menjadi solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi oleh pelaku bisnis pertanian. Dalam webinar tersebut, dia menawarkan skema baru BUMP yang merambah ke pesantren "BUMP Santri". 

"Pondok pesantren diharapkan mampu mengelola bisnis sendiri. Santri tidak lagi tergantung pada pihak lain, melainkan bisa mandiri bahkan lebih jauh pondok pesantren harus mampu memasok kebutuhan masyarakat luas," katanya.

Senada dengan hal tersebut, Hanjar Lukito Jati, menambahkan bahwa BUMP telah terbukti meningkatkan kesejahteraan petani.

Berdasarkan pengalaman mengelola BUMP PT. Pengayom Tani Sejagat, Hanjar mengatakan bahwa melalui BUMP, petani telah mampu bekerjasama dengan berbagai lembaga bisnis baik dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa produk BUMP telah di ekspor di beberapa negara.

Pada akhir sesi, Widiyanto, Ph.D, Kepala Pusat Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Petani (Pusdi Perlintan) LPPM UNS selaku pemandu acara meminta kepada semua narasumber untuk memberikan closing statement. Semua narasumber mengatakan hal yang senada, mereka optimis bahwa petani bisa sejahtera dengan catatan tetap perlu adanya upaya perlindungan dan pemberdayaan dari semua pemangku kepentingan.*