Pekerja Asal Sambas Dipulangkan ke Kampung Halaman

Pekerja Asal Sambas Dipulangkan ke Kampung Halaman

Kabar Pemerintahan - Transit Sebanyak 247 orang pekerja HTI di Riau asal Sambas, Kalbar yang diinapkan di Gedung PKK Tanjungpinang, dipulangkan menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara 83 ke kampung halamannya, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Senin (15/6/20).

Pekerja tersebut akan dipulangkan melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang sekitar pukul 13.00 WIB.

Sebelum dipulangkan, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan para pekerja tersebut dan seluruhnya dinyatakan sehat. Ratusan pekerja tersebut langsung menuju ke SBP dari Gedung PKK tersebut.

Sebagaimana disampaikan oleh Kordinator Pelabuhan SBP, Raja Azmi menyatakan untuk kepulangan pekerja asal Sambas kali ini sebanyak 247 orang dan 46 orang lagi akan dipulangkan pada gelombang berikutnya dikarenakan harus mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak boleh over kapasitas.

Sementara itu, Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP saat melepas para pekerja tersebut sebelum diberangkatkan menuju Pelabuhan SBP di Halaman Gedung PKK mengatakan pengembalian 247 orang ini sudah melalui beberapa tahapan sesuai protokol kesehatan. 

Meskipun belum seluruhnya dipulangkan, Rahma berharap 247 orang yang akan melakukan perjalanan laut yang menggunakan Kapal Sabuk Nusantara sekitar 5 hari itu tetap dalam keadaan sehat.

"Tetap jaga kesehatan, patuhi aturan yang berlaku, karena kepulangan dari saudara-saudara semua sangat dinanti oleh keluarga dan saling menjaga satu sama lain, sekitar 5 hari perjalanan laut tetap saling melindungi," pesan Rahma.

Rahma juga menyampaikan bahwa dari rombongan yang jumlahnya sekitar 293 orang, berdasarkan hasil rapid test semuanya dinyatakan sehat namun 46 orang lainnya belum bisa pulang karena kapal tidak boleh over kapasitas dan harus menerapkan social distancing.

"Semoga sisa dari pekerja yang masih tinggal disini, dapat segera pulang dan berkumpul ke keluarga masing-masing di kampung halaman, dan bagi yang sudah pulang hari ini tetap jaga kesehatan dan harus tetap semangat," ungkap Rahma.**