Bupati Rohil Rela Naik Traktor Untuk Meninjau Pembuatan Tanggul Dan Lahan Pertanian�

Bupati Rohil Rela Naik Traktor Untuk Meninjau Pembuatan Tanggul Dan Lahan Pertanian 

Kubu (Rohil) - Bupati Rokan Hilir H. Suyatno AMP harus rela naik traktor dalam rangka meninjau pembuatan tanggul dan lahan pertanian di Teluk Piyai Kecamatan Kubu seluas 1000 hektar yang bersumber dari dana APBN 2020, Jumat (29/05/2020).

Dalam peninjauan tersebut Bupati Rokan Hilir H. Suyatno AMP bersama Kadis  Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Para Kabid Beserta Staffnya, turut hadir  Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Rokan Hilir HM Rusli Syarief, Camat dan Kepenghuluan setempat.

Dilokasi, Bupati mengatakan pembangunan tanggul merupakan optimasi lahan rawa (opla) yang pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan secara swakelola yang dikerjakan oleh kelompok tani penerima program tersebut. Katanya

Jelasnya, Kegiatan optimasi lahan rawa (opla) yang bertujuan untuk membangun prasarana dan sarana pertanian seperti pembuatan pintu air, Pembuatan Tanggul, saluran primer, sekunder- tersier serta Jembatan usaha tani sehingga lahan dapat ditanami selama 2 kali dalam setahun. 

Disamping pelaksanaan ini diawasi konsultan pengawas dari dinas juga di dampingi Aparat TNI yang ada di kecamatan kubu. Semoga hasil pantauan di lapangan yang dikerjakan secara swakelola tersebut tanpa ada kendala dan berjalan lancar. Ungkapnya Orang Nomor Satu diKabupaten Rokan Hilir ini

Kegiatan opla bukan saja di Kecamatan Kubu saja, ada beberapa kecamatan seperti Kecamatan Sinaboi Kepenghuluan Serusa  seluas 500 hektar, Kecamatan Bangko Kepenghuluan Parit Aman seluas 570 hektar, Kepenghuluan Bagan Jawa pesisir seluas 300 hektar dan kepenghuluan Raja Bejamu kecamatan Sinaboi seluas 200 hektar sehingga keseluruhan kegiatan opla di Kabupaten Rokan Hilir seluas 2570 hektar. Akhirnya. (Darma)