Mahasiswa Kukerta UNRI Berikan Edukasi COVID-19 Melalui Virtual Community

Admin
Share :
mahasiswa-kukerta-unri-berikan-edukasi-covid19-melalui-virtual-community

Kabar Sosial - Universitas Riau (UNRI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPPM) UNRI membuat program Kuliah kerja nyata (Kukerta) Kerelawanan Wabah COVID-19 Unri 2020. Kegiatan Kukerta ini terhitung mulai tanggal 4 April 2020 – 10 Mei 2020.

Program ini juga di dukung oleh Satgas Siaga Bencana, ini merupakan suatu tempat yang mewadahi mahasiswa berpartisipasi aktif dalam menghadapi bencana dan secara tidak langsung turut serta membantu pemerintah dalam menangani wabah COVID-19.

Mahasiswa yang mengikuti Kukerta Kerelawanan Wabah COVID-19 ini adalah, Anna Oktavia (1708110854), Delvi Utari (1708110851), Khairun Nisa' (1708111002), ketiganya merupakan mahasiswa Universitas Riau angkatan 2017.

Kegiatan Kukerta kerelawanan ini di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  bapak Dr. Hengki Firmanda. S.,S.H.,LL.M.,MSI.

Tujuan dari kegiatan kerelawan ini adalah untuk mencegah dan mengakhiri wabah pandemi COVID-19 di daerah Riau khusunya dan di seluruh dunia pada umumnya.

"Adapun kegiatan yang akan kami lakukan dalam Kukerta Kerelawanan ini adalah membentuk virtual community melaui WhatsApp Group (WAG) kemudian melakukan sosialisasi di dalamnya dalam bentuk poster edukasi tentang COVID-19. Alasan kami memberikan edukasi secara virtual community adalah karena tidak memungkinkan untuk berkumpul banyak orang dan harus tetap menerapkan social distancing." Ujar Anna Oktavia selaku mahasiswa yang mengikuti kukerta ini saat diwawancarai secara daring pada Sabtu (16/5/20) lalu.

Kelompok sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah orangtua beserta anaknya yang berusia 4-10 tahun. Kami memilih orangtua yang mempunyai anak karena dengan kami melakukan edukasi pada orangtua tersebut, mereka dapat menerapkannya dan dapat mengajarkan kepada anak-anaknya.

Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah memberikan poster edukasi di WAG tersebut kemudian setelahnya, kami melakukan Tanya jawab seputar COVID-19 kepada orangtua.

Harapannya dari kegiatan ini menurutnya, para orangtua dapat teredukasi dan pengetahuannya dapat meningkat mengenai COVID-19 ini, sehingga nantinya dapat menerapkannya dan dapat memberikan edukasi kepada anak-anaknya mengenai informasi COVID-19 dan cara-cara pencegahannya.

"Kami juga membuat sendiri video edukasi tentang "Yuk Kenali COVID-19" dan "Protokol Masuk Rumah" yang akan di upload ke youtube agar semua lapisan masyarakat dapat melihat dan mempelajarinya." Ujar Khairun Nisa' selaku mahasiswa yang mengikuti kukerta ini saat diwawancarai secara daring pada Sabtu (16/5/20).

"Selain itu, poster-poster edukasi yang kami buat akan di sebar melalui media social diantaranya Instagram, WhatsApp, Line  dan yang lainnya. Seluruh materi, poster, video juga dapat di akses melalui blogspot yaitu kukertakerelawanancovid19unri2020blogspotcom.

"Semoga dengan adanya kukerta relawan ini dapat membantu dalam pengendalian wabah COVID-19" Ujar Delvi Utari selaku mahasiswa yang mengikuti kukerta ini saat diwawancarai secara daring itu.**


Berita Terkait

Share:
Komentar Via Facebok :