4 Pos Larang Mudik Polres Kukar Segera Dibangun

4 Pos Larang Mudik Polres Kukar Segera Dibangun

Kabar Daerah - Kasat Lantas Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), AKP Wisnu Dian Ristanto mengatakan Satlantas Polres Kukar saat ini sedang membangun 4 buah pos jaga di daerah perbatasan masuk ke Kukar.

Hal ini untuk mengantisipasi arus mudik, karena itu dia membangun 4 posko pengamanan yang akan ditempatkan di sejumlah pintu masuk ke Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pos jaga ini akan dibangun di Simpang Pos Polisi Lembuswana Tenggarong Seberang dan Pos Km 4 Loa Janan. Serta di Pos 38 Samboja dan Pos Pulau Kumala Tenggarong.

Di setiap posko, polisi akan mengimbau warga mengenakan masker saat ke luar rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Wisnu mengatakan operasi mudik tahun ini lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, waktu pelaksanaan akan berlangsung lebih lama.

"Sesuai instruksi Kapolres Kutai Kartanegara tahun ini, operasi Ketupat Mahakam dilaksanakan lebih cepat dan lama karena kita akan laksanakan selama 37 hari. Sejak awal bulan Ramadhan sampai setelah Lebaran nanti," jelas Wisnu, Minggu (26/4/20).

Dikatkan Wisnu, sesuai rencananya bagi yang mau mudik keluar atau masuk Kukar akan disuruh kembali. Demi keamanan bersama selama COVID-19.

"Pos jaganya lagi kita proses. Untuk sistemnya masih kita bahas bersama," kata Wisnu.

Selama operasi berlangsung, polisi tidak akan menindak tegas pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas. Melainkan lebih kepada sosialisasi terkait pencegahan virus Corona.

"Kita akan berikan imbauan kepada masyarakat yang ditemukan tidak menggunakan masker di jalan," pungkas Wisnu.