Waspada, Banjir Kiriman Sungai Kampar Segera Datang

Waspada, Banjir Kiriman Sungai Kampar Segera Datang

Kabar Daerah - Puluhan rumah warga di dua desa di Kecamatan Siak Hulu, yakni Lubuk Siam dan Tanjung Balam pada Jumat (16/11/18) terendam banjir akibat Sungai Kampar kembali meluap.

Kepala Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar, Adi Chandra Lukita menyebutkan, terjadinya luapan di paling hilir wilayah Kampar, banjir dialami sebanyak 53 Kepala Keluarga.

"Di Lubuk Siam dan 45 KK dan Tanjung Balam sisanya, ketinggian air antara 5 sampai 20 centimeter," katanya.

Ia mengatakan, Sungai Kampar mulai meluap sejak Kamis (15/11) malam akibat itu Air terus naik sampai pemukiman warga dan bertahan hingga Jumat pagi, yang terdampak tergantung letak geografisnya rendah.

Sungai meluap karena akumulasi debit air dari hulu akibat hujan berkepanjangan, sehingga Volume air yang masuk ke Sungai Kampar dari Pintu Pelimpah Waduk PLTA Koto Panjang bertambah.

"Ditambah tingginya curah hujan beberapa hari sebelumnya, baru terasanya sekarang di daerah paling hilir air meninggi," ujar Chandra.

Ia berharap tidak turun hujan agar debit sungai menyusut, sebab dikabarkan daerah hilir sungai Kampar air mulai memasuki rumah warga.**