Berantas Korupsi itu Menurut Huda Mulai Sejak Dini

Berantas Korupsi itu Menurut Huda Mulai  Sejak Dini

Kabar Daerah - Direktur Formasi Riau yang Praktisi hukum, DR Muhammad Nurul Huda SH MH., mengajak masyarakat ikut memerangi korupsi. Salah satu cara yang paling mudah ialah memerangi korupsi dari diri sendiri.

"Contohnya paling mudah tidak korupsi adalah tidak menawarkan uang kepada petugas kepolisian jika terkena tilang di jalan raya," Demikian disampaikan DR Muhammad Nurul Huda SH MH., Anad (19/4/20). 

"Misal lainya di sekolah mulai sekarang tidak nyontek. Seperti itu. Yang kedua kalau kita berurusan dengan aparat penegak hukum jangan kita menawarkan sesuatu atau berurusan dengan regulator jangan kita yang mulai menawarkan," sambung praktisi hukum di Riau itu.

Huda juga mencontohkan jika warga sedang mengurus berbagai kepentingan di kantor pemerintahan, warga harus menanyakan apakah ada biaya yang harus disetorkan. Jika ada, maka harus disertai kuitansi. Ini untuk mencegah praktik suap.

"Misalnya mau urus sesuatu mita kuitansinya, kalau tidak memberikan kuitansi jangan mau bayar," pesannya.

Huda yang juga sebagai pembina media mitrakpk.com itu juga mengingatkan para aparat pemerintah untuk menjadikan peringatannya ini sebagai bahan refleksi diri.

"Kita berharap kepada para aparat masak kita begini-begini terus. Kita ini bukan negara miskin sebenarnya. Kita ini negara sangat sangat sangat kaya. Tapi karena mismanajemen dari puluhan tahun sampai sekarang masih seperti ini," kata Huda.**