H Indra Gunawan Eet Ajak Warga Riau Sukseskan Sensus Penduduk

H Indra Gunawan Eet Ajak Warga Riau Sukseskan Sensus Penduduk

Kabar Paremen - Secara online, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Indra Gunawan Eet. Ph.D., mengajak semua masyarakat Riau menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Hal tersebut disampaikannya saat dikunjungi Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau Drs. Misfaruddin, M.S di ruang ketua DPRD Riau, Senin (14/4/2020) sebelimnya.

Berbekal kartu keluarga, Hal. Indra Gunawan Eet. Ph.D melakukan langkah-langkah pengisian data sensus penduduk 2020 secara online (SP 2020 online) melalui komputer.

"SP 2020 online memakai sistem daring memang baru pertama kali dilakukan oleh BPS dalam melakukan sensus penduduk. Kita mengajak masyarakat untuk bersama mensukseskan program sensus online tahun 2020 yang digalakkan oleh pemerintah," kata surat elektroniknya, Rabu (15/4/20).

"Mari sama-sama mensukseskan pendataan penduduk tahun 2020 ini secara online demi suksesnya 1 data kependudukan," ajaknya.

Lanjut Eat, bahwa mulai tahun ini pendataan dilakukan dengan metode kombinasi. Pertama adalah pengisian secara mandiri dan online, sehingga pendataan akan berjalan efektif dan efisien, karena masyarakat yang dapat melakukan pengisian data di mana saja kapan saja melalui gadget masing-masing.

"Kedua adalah sensus wawancara yang akan dilaksanakan mulai bulan juli nanti. Namun begitu diharapkan semua data terisi secara online," kayanya.

Karena lanjut dia, semakin cepat data terisi akan membatu sebagai backup data pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan, seperti pendidikan, pangan, kesehatan dan lain-lainnya.

Bagi masyarakat yang akan melakukan SP 2020 online, langkah pertama yang dilakukan adalah membuka situs sensus bps.go.id, berbekal KTP, KK atau akta nikah kemudian lakukan pengisian data sesuai dengan yang ditentukan.*RM