Kades Lapor Polisi

RSPO dan ISPO Ini Bukti PT Musim Mas Rambah Lahan Diluar HGU

Admin
Share :
rspo-dan-ispo-ini-bukti-pt-musim-mas-rambah-lahan-diluar-hgu

Kabar Hukum – Ternyata apa yang diberitakan kabarriau.com selama ini sedikit demi sedikit terkuak kalau PT Musim Mas di Pelalawan benar merambah hutan diluar kawasan HGU mereka.

Bukti ini berkat ada salah satu anak negeri di Pelalawan yang peduli pada lingkungan dia adalah Kepala Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan, Riau bernama Darman.

Saat ini dia melakukan sejumlah langkah untuk mengembalikan lahan kawasan dan lahan warga pada pemiliknya, termasuk pengembalian Pemakaman Umum (kuburan) tanpa izin rekomendasi dari pemerintahan Desa Betung di luar HGU/IUP, PT Musim Mas.

Laporan ini tertuju awalnya pada pihak manajemen perusahaan Musim Mas yang terletak di areal estate 2 Musim Mas di wilayah RT 02 RW 02 Dusun 02 dekat kepungan Sialang Tasing Desa Betung namun akhirnya akan tertuju pada pemilik.

"Kita awalnya sudah laporkan masalah dugaan pengerjaan atau pengelolaan lahan perkebunan sawit tanpa izin dari instansi berwenang seluas 28 Hektar dan serta pemanfaatan lahan lainnya," kata Darman, Rabu (18/3/20).

Darman datang didampingi segenap warga ke Polsek Pangkalan Kuras, pada hari senin (16/03/20) sebagai pelapor mengatas namakan desa dimana dia selaku kepala desa selam aini diam kini melakukan sejumlah langkah hukum.

"Pada lahan yang dibuat kebun kebun sawit tersebut oleh pihak Musim Mas sudah kita tanya berbagai pihak bukan lahan mereka, maka dari itu saya melaporkan masalah hukumnya tersebut ke Mapolsek setempat," katanya.

Darman menjelaskan bahwa setiap perusahaan perkebunan yang melakukan usaha budidaya tanaman perkebunan namun tidak memiliki izin usaha perkebunan terdapat unsur pidananya, yang mana tercantum pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.

Tentunya ini adalah salah satu bukti kalau Pt Musim Mas melakukan sejumlah kegiatan diluar Undang Undang, harap waga sih pihak RSPO dan ISPO segera melakukan langkah nyata pada sertivikasi perusahaan ini.**


 

 

Berita Terkait

Share:
Komentar Via Facebok :