Jelang Virus Corona Dijinakkan Hindari Dulu Makan yang Dibakar

Jelang Virus Corona Dijinakkan Hindari Dulu Makan yang Dibakar

Kabar Kesehatan - Dikabarkan pakar kesehatan, banyak cara yang bisa dilakukan menghindari virus korona COVID-19 salah satunya menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Tak hanya tidur cukup, rutin berolahraga, dan makan makanan bernutrisi juga harus rajin mencuci tangan.

Untuk diketahui, virus korona COVID-19 bersifat Self Limiting Disease atau akan sembuh dengan sendirinya. Karenanya, hal ini bisa dilawan dengan imunitas tubuh yang mumpuni.

Seperti dijelaskan Dr Ivan Hoesada, M. Biomed, salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh juga dengan mengurangi konsumsi makanan-makanan berisiko.

"Contohnya daging yang diolah dengan cara dibakar, sebab mengandung radikal bebas. Makanan yang mungkin bisa dikurangi contoh daging setengah matang, pokoknya yang dibakar," katanya.

"Bakar-bakaran yang jelas itu ada radikal bebasnya, dipanggang dibakar, apapun itu mau sate dan lain-lain. Kalau berlebihan dan radikal bebasnya tinggi akan memudahkan hadirnya penyakit," lanjut Dr Ivan.

Tidak hanya makanan yang diolah dengan cara dibakar dan dipanggang. Dr. Ivan juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi MSG dan goreng-gorengan atau daging Steak.

"MSG jangan terlalu banyak, pokoknya makanan yang kandungan radikal bebasnya tinggi kita patut hindari. Sebisa mungkin menghindari gorengan apalagi yang minyaknya dipakai berkali kali,” tambahnya.

Alih-alih mengonsumi makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang, lebih disarankan mengonsumsi makanan hangat, dan perbanyak sayur dan buah. “Ya kita tetap butuh sayur, vitamin, buah, daging, telur. Tapi harus diperhatikan pengolahannya,” pungkasnya.**