Terkait Kampung Hijau Berseri Jadi Sorotan, Anies: Saya Berikan Dua Jempol

Terkait Kampung Hijau Berseri Jadi Sorotan, Anies: Saya Berikan Dua Jempol

Kabar Lingkungan - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada Kampung Hijau Berseri gang di Kampung Hijau Berseri RT 10 dan 11/ RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur saat merayakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020.

"Dua jempol untuk kampung hijau ini bisa sebagai percontohan bagi kampung lain," kata Anies, Sabtu (22/2/20).

Saat diwancara wartawan kabarriau.com Anies berinteraksi langsung dengan warga yang mengelola sampah sendiri, terlihat sebelum sisa sampah tak terproses dibuang ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

"Kami sangat mengapresiasi langkah masyarakat yang telah mengelola sampah di lingkungan masing-masing," lanjutnya.

Dikatakan Anies, harus kita bangun perubahan mindset, dalam semua kegiatan ada yang diambil (digunakan), ada yang sisa atau residu.

"Mari bersama kita kurangi, pilah, olah sampah di sekitar kita" kata Anies.

Kampung Hijau Berseri juga dinobatkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai RW percontohan yang telah mengurangi sampah dari tingkat rumah tangga melalui program yang digulirkan Pemprov, yakni SAMTAMA atau Sampah Tanggung Jawab Bersama.

Sebagai kampung percontohan, di setiap sudut gang terdapat tempat sampah meyerupai kandang dengan ram kawat yang berisi aneka botol plastik bekas kemasan minuman, pelumas, pembersih lantai, sabun dan lainnya. Tempat tersebut merupakan penampungan sementara kegiatan sedekah plastik bagi warga yang telah memilah sampah plastik rumah tangga.**