Dari 238 Orang WNI Dari Wuhan, 4 Batal Pulang 3 Orang Tertahan Dinegara Itu

Admin
Share :
dari-238-orang-wni-dari-wuhan-4-batal-pulang-3-orang-tertahan-dinegara-itu

Kabar Kesehatan - Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto memastikan 238 WNI yang baru datang dari Wuhan, China dalam kondisi sehat hal itu dikatkannya berdasarkan pengakuan para WNI sendiri.

Untuk memberikan motifasi dan semangat dia mengaku langsung menyambut kedatangan 238 WNI yang tiba dari Wuhan, China saat tiba di Pulau Natuna, Kepulauan Riau untuk menjalani observasi.

Dia berharap, kehadiran dirinya di tengah-tengah ratusan WNI yang sebelumnya bermukim di Provinsi Hubei, China itu bisa menenangkan.

"Tadi sudah saya sambut satu per satu, saya beri semangat, karena mereka akan menjalani masa osbervasi selama dua minggu," kata Terawan di di Pangkalan Udara Raden Sajad, Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/20).

Dia mengatakan, tujuannya menemui langsung WNI yang baru datang itu tak lain untuk memberikan semangat, mengingat apa yang sudah dilalui mereka sebelum mendarat di Tanah Air.

"Dengan semangat yang kita berikan serta dukungan moral masyarakat mudah-mudahan warga kita datang dari Wuhan ini bisa melewati sesuai regualsi WHO (Badan Kesehatan Dunia) sehingga bisa dikembalikan ke rumah masing-masing," ujar Terawan.

Sebelumnya, sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) tiba di Pangkalan Udara Raden Sajad, Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/20) siang. Mereka dibawa tiga pesawat, yaitu pesawat Hercules C130, pesawat Boeing 737-400, dan satu pesawat milik TNI AU.

Sejumlah petugas berpakaian putih terlihat keluar dan mempersiapkan penurunan WNI dengan petugas yang ada di darat. Ada tujuh orang yang batal diterbangkan ke Tanah Air dengan sejumlah alasan.

Lima menit kemudian, satu per satu penumpang yang juga berpakaian putih turun dari pesawat yang umumnya menenteng tas jinjing. Dengan berjalan kaki mereka kemudian menuju hanggar observasi yang tak jauh dari titik pendaratan.

Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto menegaskan jumlah WNI yang tiba di Natuna adalah 238 orang. 

"Yang tiba fix 238 orang, 4 orang mengundurkan diri dan 3 orang lainnya tidak lolos pemeriksaan oleh Pemerintah China," jelas Terawan di Natuna, Kepri, Minggu pagi.

Dia juga memastikan bahwa sebelum keberangkatan dari Wuhan, China sudah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi sehat.**


 

 

Berita Terkait

Share:
Komentar Via Facebok :