Akibat Curah Hujan Cukup Tinggi, Ini Kata BPBD Asahan

Akibat Curah Hujan Cukup Tinggi, Ini Kata BPBD Asahan

Kisaran - Akibat curah hujan cukup tinggi sejak malam hari hingga mengguyur hulu sungai yang ada di Asahan,mengakibatkan beberapa desa di wilayah pemerintahan kabupaten Asahan mengalami kebanjiran, Rabu (29/01/2020) sekira pukul 10.00 wib.

Pelaksana Tugas kepala BPBD Kabupaten Asahan Khaidir Sinaga  kepada wartawan membenarkan itensitas curah hujan yang terjadi di hulu sungai di wilayah kabupaten Asahan cukup tinggi, hujan lebat terjadi sejak Selasa (28/1/2020) hingga Rabu (29/1/2020 )di wilayah kabupaten Asahan masih diguyur hujan, ujarnya.

Khaidir 

Akibat luapan air sungai desa yang terdampak tergenang air diantaranya kecamatan Bandar Pasir Mandoge terdapat 1 desa yang terdampak tergenang, Kecamtanan Buntu Pane sebanyak 7 desa yang terdapak tergenang,  kecamatan Setia Janji terdapat 2 desa terdampak tergenang air luapan sungai, Kecamatan kota Kisaran Barat sebanyak 1 kelurahan , kecamatan Kota Kisaran timur 1 kelurahan, Kecamatan Aek Songsongan terdapat 1 desa, dan kecamatan Aek Ledong terdapat 1 desa mengalami tergenang air luapan sungai.

Selain air yang menggenangi beberapa desa dan kelurahan yang ada di wilayah Pemerintahan Kabupaten Asahan juga terdapat beberapa pohon tumbang dan adanya longsor di beberapa titik.

Khaidir juga mengatakan setidaknya sudah 7 kecamatan di 14 desa  mengalami kebanjiran, namun demikian tim BPBD Asahan sudah disebar untuk melakukan tindakan tindakan preventif dalaam memberikan bantuan kepada warga masyarakat terdampak.

Tim BPBD Asahan juga telah melakukan inventarisir daerah terdampak serta landa beberapa kerusakan yang di alami oleh warga masyarakat maupun asset sarana infrastruktur milik Pemerintah.

Terjadinya banjir  yang melanda wilayah kabupaten Asahan diakibatkan selain adanya pendangkalan sungai yang melintasi wilayah tersebut juga adanya saluran saluran parit yang tersumbat, kami juga sudah melakukan koordinasi bersama unsur Forkopimda Asahan serta melibatkan warga masyarakat terdampak dalam penanganan, pungkasnya.(dede)