Karhutla Mulai Lagi, 4 Hari Nginap Dihutan Kapolres Bengkalis dan Tim Mengaku Puas

Karhutla Mulai Lagi, 4 Hari Nginap Dihutan Kapolres Bengkalis dan Tim Mengaku Puas

Kabar Lingkungan - Masih dalam suasana musim hujan sekira 10 hektar lahan kosong di Bengkalis sudah dilalap api, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) itu terjadi di Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis, Riau, Minggu (19/1/20). Kabarnya Polres Bengkalis menurunkan sekitar 50 personil kelokasi berikut tim lainnya.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto di lokasi mendengar kejadian ini langsung turun tangan, berkat kegigihan dia dan tim memasuki hari kelima saja api sudah berhasil memadamkan. Itu meskipun angin kencang cuaca panas, tim masih melakukan pendinginan di lokasilokasi tersebut.

Kapolres Bengkalis bersama jajarannya berjibaku di beberapa titik Karhutla yang terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis.Diantaranya di Bukit Kerikil dan desa Titi Akar Kecamatan Rupat Utara.

Pihaknya dibantu Koramil, Polsek, Manggala AGNI, dari Perusahaan SRL dan juga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis.

"Dibantu berbagai pihak, upaya pemadaman melalui udara atau water boombing dengan menggunakan helikopter, alhamdulillah api dijinakkan," katanya.

"Selama 5 hari anggota dan tim berjibaku dalam upaya pemadaman Karhutla seluas sekitar 10 hektar. Kita bersama jajaran juga dengan ikhlas menginap di lokasi karhutla selama hampir 4 malam," katanya.

Kalau diukur, jarak tempuh ke titik api cukup jauh dimana kelokasi itu dengan menempuh perjalanan laut kemudian dilanjutkan dengan menggunakan motor sekitar 10 kilometer dan jalan kaki sejauh 2 kilometer.

"Insya Allah demi tugas dan menjaga kabut asap tidak meluas, itu tidak mengurungkan niat kami dalam upaya pemadaman api hingga pendinginan sampai pagi ini," lanjutnya.

Dan bahkan lanjut Kapolres, kondisi cuaca kering dan tiupan angin kencang tetap memberi semangat dalam menghadapi tantangan.

"Alhamdulillah, walau saat ini sudah dalam kondisi pendinginan namun kita tetap berada di lokasi kebakaran bersama anggota dan juga TNI serta dibantu masyarakat. Agar tidak terjadi lagi kebakaran yang bisa semakin meluas lagi," Ucap Sigit.

Lanjut Kapolres bahwa komitmen dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, adalah dengan langsung turun ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman.

"Komitmen kita, sehingga langsung turun kelapangan untuk melakukan pemadaman dan bahkan kita juga sudah tetapkan 3 tersangka pelaku pembakaran lahan dan hutan," pungkas Kapolres.**Tim