Tiga Pelaku Ranmor di Jakarta Barat Di Dor Polisi

Tiga Pelaku Ranmor di Jakarta Barat Di Dor Polisi

Kabar Kriminal - Tim Subdit Ranmor Polda Metro Jaya mengaku telah menangkap tiga pelaku pencurian motor asal Lampung di depan Bank BNI Kota Tua, Jakarta Barat, yang kerap beraksi di wilayah Jakarta Barat.

Ketiga tersangka itu yakni Muklis (33), Harun (23), dan Baihaki (23). Muklis-Harun berperan sebagai eksekutor, sedangkan tersangka Baihaki sebagai penadah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan karena diduga melawan Polisi telah memberikan peringatan terukur dengan dilakukan peneembakan pada bagian kaki karena mencoba melarikan diri.

"Para pelaku dilakukan penangkapan sesaat setelah melakukan curanmor dari di Jalan TB Angke, Jakbar," katanya, Minggu (12/1/20).

Ketiga pelaku disebutkan memiliki peran yang berbeda-beda dan sudah sering melakukan aksi pencurian sepeda motor di Jakarta Barat. Yusri mengatakan penangkapan dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat.

"Ketiga pelaku akhirnya bisa dibekuk pada Sabtu (11/1) sekitar pukul 03.05 WIB," terangnya. Saat ini, para tersangka masih berada di Polda Metro Jaya untuk diinterogasi lebih lanjut. Polisi juga sudah melakukan penahanan terhadap ke-3 tersangka itu.

Para tersangka diamankan di tempat yang sama saat Muklis dan Harun menjual motor hasil curiannya ke Baihaki. Komplotan ini beraksi dengan cara merusak kunci kontak motor menggunakan kunci T lalu membawa kabur motor korban.

"Modusnya pelaku mencongkel gembok pagar rumah dan masuk ke dalam tempat parkir halaman rumah. Kemudian tersangka merusak lubang kunci sepeda motor dengan kunci letter T dan membawa kabur sepeda motor korban," ungkap Yusri.

    Baca Juga :

Saat ditangkap, polisi meminta para tersangka menunjukkan lokasi tempat tersangka lain bersembunyi. Saat dibawa ke arah Karawang, Jawa Barat, komplotan ini mencoba melawan petugas untuk melarikan diri.

"Saat para pelaku diarahkan menunjukkan keberadaan pelaku penadah lainnya, tiba-tiba para pelaku berusaha melarikan diri. Sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur terhadap para pelaku dengan tembakan ke arah kaki pelaku," kata Yusri.**