Gempa di Garut Pagi Ini Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa di Garut Pagi Ini Tidak Berpotensi Tsunami

Kabar Peristiwa -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut belum terima adanya laporan kerusakan akibat Gempa bumi magnitudo 5.1 Skala Richter yang terjadi pagi ini, Senin (6/1/20).

Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun getaran gempa yang cukup keras dirasakan masyarakat Garut khususnya di wilayah selatan.

Selain itu, efek getaran gempa juga dirasakan oleh sebagian warga di Bandung, Tasik, Sukabumi dan Cianjur. BPBD mengimbau masyarakat untuk tetap tenang namun berhati-hati.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Agus Sofyan mengaku, Gempa bumi berlangsung Senin pagi ini sekitar pukul 06.12 WIB.

"Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan, info yang kami terima masyarakat beraktivitas seperti biasa, tidak ada yang terganggu," ujarnya saat dikonfirmasi media, Senin (6/1/20).

Dilansir dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik koordinat gempa berada di 8.15 Lintang Selatan (LS) dan 107.34 Bujur Timur (BT). Lokasi gempa 120 Kilometer barat daya Garut di kedalaman 10 kilometer.

Pihak BPBD sendiri tengah melakukan monitoring ke daerah-daerah pelosok khususnya di Kabupaten Garut Selatan yang dekat ke pantai untuk mengetahui dampak yang ditimbulkannya oleh gempa ini.**