Pernyataan Istri Gubernur Sumbar, Nevi Zuariana "Dikecam?"

Pernyataan Istri Gubernur Sumbar, Nevi Zuariana "Dikecam?"

Kabar Politik - Wakil Ketua MKD Saleh Partaonan Daulay merespon pernyataan istri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Zuariana, atas manuver Gerindra Sumbar menginisiasi hak interpelasi terhadap Gubernur Irwan Prayitno yang bikin heboh.

Karena itu Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) meminta anggota Komisi VI itu mengklarifikasi pernyataan "tembak mati" yang ditujukan kepada Andre Rosiade.

"Ya tentu silakan diberikan klarifikasi sehingga tidak ada hal-hal yang membuat masyarakat merasa tidak nyaman dengan pernyataan itu. Tapi kalau misalnya ada pernyataan, itu kan pernyataan yang emosional dan tidak pada tempatnya dan tidak ada maknanya. Itu hanya ungkapan emosional saja. Itu yang harus dijaga," kata  kepada wartawan, Minggu (15/12/2019).

Saleh mengatakan sesama anggota DPR harus saling menghormati dan menjaga tata krama serta etika dalam berbicara. Menurutnya, tak seharusnya Nevi mengeluarkan pernyataan yang emosional.

"Tentu kita harus saling menghormati di DPR itu ya. Sesama anggota DPR memang harus menjaga tata krama dan etika berbicara, sehingga tidak menyakiti seseorang atas pernyataan yang disampaikan. Kedua, kita menyayangkan jika ada ungkapan-ungkapan yang disampaikan berlebihan terkait dengan tanggapan suatu masalah," katanya pada detikcom.

Lagi pula, menurut Saleh, apa yang disampaikan Andre terkait kinerja Irwan masih dalam konteks menjalankan tugas sebagai anggota DPR. "Kalau menurut saya, sebetulnya apa yang disampaikan Andre itu masih dalam konteks tugasnya, tugas pengawasan pejabat publik dalam hal ini anggota DPR. Jangankan anggota DPR, masyarakat pun boleh menyampaikan jika dirasa ada yang salah," ujar Saleh.**